Toyota Siap Ramaikan GIIAS 2020, Tetapi Banyak Pertimbangannya

Booth Toyota di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pameran otomotif tahunan GIIAS, akan kembali diselenggarakan tahun ini. Meski demikian, adanya pandemi COVID-19 saat ini, membuat penyelenggaraan pameran yang berlokasi di BSD, Tangerang diundur, dan akan dilaksanakan pada Oktober 2020.

Tetap diadakannya GIIAS 2020, mendapat respons dari PT Toyota Astra Motor. Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota itu menyatakan siap ikut serta di pameran otomotif yang digagas oleh asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Kami kan anggota Gaikindo, jadi pastinya akan ikut. GIIAS diadakannya bulan apapun, kami ikut serta," ujar Anton Jimmi Suwandi, Direktur Pemasaran TAM, saat melakukan konfrensi pers melalui virtual video.

Anton mengatakan, meski siap memeriahkan GIIAS 2020, pihaknya masih harus berdiskusi dengan pihak penyelenggara. Hal ini terkait dengan protokol kegiatan pameran di tengah pandemi COVID-19 yang masih membayangi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Bengkel Mobil Mulai Bisa 'Napas' Lagi, Ada Tapinya

"Pastinya Gaikinddo ada perhitungan, di bulan itu kondisi COVID-19 atau aturan Pemerintah akan seperti apa nantinya. Tahu sendiri kan, GIIAS itu mengumpulkan orang bisa sampai ratusan ribu," paparnya.

Pameran tahun ini, menurut Anton, tidak bisa disamakan dengan yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab, kondisi penyebaran virus Corona tipe baru yang masih bisa terjadi, harus mendapat perhatian dari penyelenggara maupun peserta yang ikut menampilkan produknya.

"Munkin sering dengar new normal. Tetapi, nanti ngumpulin orang di pameran itu bakal kayak gimana, apa semua pakai masker, lalu lihat mobil harus ada jarak, itu kami harus pelajari juga. Tidak bisa sama kayak pameran dulu, orang desak-desakan, itu penuh risiko," tuturnya.