Mobil Ambulans Selama Pandemi, Gak Cuma Bisa Selamatkan Nyawa Manusia

Ambulans untuk penanganan COVID-19
Sumber :
  • dok. SIS

VIVA – Pandemi COVID-19 menjadi alasan kuat bagi masyarakat, untuk lebih teliti dalam membelanjakan uangnya. Belum diketahuinya masa berakhi pandemi, membuat masyarakat  mengutamakan pembelian barang kebutuhan sehari-hari, serta biaya kesehatan.

Kondisi ini langsung terasa di sektor otomotif, terutama untuk pembelian kendaraan-kendaraan baru. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mempredikai penjualan mobil baru sepanjang 2020 akan turun sebesar 50 sampai 60 persen, dibandingkan dengan kondisi normal sebelum adanya pandemi.

Di tengah lesunya penjualan mobil baru, PT Suzuki Indomobil Sales mendapat celah untuk membantu mendongkrak penjualan, melalui produk mobil APV. Tentu saja mobil yang laris manis di tengah pandemi bukan versi standar, tetapi yang sudah diubah menjadi ambulans.

Direktur Pemasaran kendaraan Empat Roda SIS, Donny Saputra mengatakan, berdasarkan data pada Januari hingga Maret 2020, total penjualan mobil  Suzuki APV mencapai 1.399 unit, dan didominasi oleh kendaraan yang telah dirombak menjadi ambulans.

Baca juga: Gaji Pembeli Kijang Innova Harus Segini, Biar Aman dari Debt Collector

Penjualan mobil versi ambulans, kata dia, mencapai 74 persen atau sebanyak 1.038 unit dari total penjualan model Suzuki APV pada tiga bulan pertama tahun ini. Pembelinya berasal dari sektor pemerintahan, seperti Dinas Kesehatan, Dana Desa, Pemerintah Daerah, serta Rumah Sakit Daerah.

"Tentunya, kami sangat bangga bahwa Suzuki APV dapat memenuhi kebutuhan serta mendampingi tenaga medis, dalam melawan COVID-19," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA, Jumat 29 Mei 2020.

Mobil yang dijadikan ambulans, tentunya memiliki spesifikasi berbeda dari model standar. Selain itu, banderol untuk menebusnya pun berbeda. Untuk menebus satu unit APV ambulans, pembeli harus menyiapkan dana mulai dari Rp218 juta.

Untuk mendukung aktivitas di kondisi darurat, pada mobil itu terdapat fitur-fitur tambahan seperti Covid Stretcher, LED Strobo, Vynil Floor, Doctor Seat, Medical Cabinet, Regulator Oxygen dan beberapa spesifikasi perlengkapan medis lainnya.