Pria Ini Bikin Solar Panel Berjalan Buat Ngecas Tesla, Begini Hasilnya

Tesla Model 3 tarik solar panel.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Belum tersedianya tempat pengisian daya listrik di tempat umum menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk menggunakan mobil listrik seperti Tesla. Namun, hal itu justru menginspirasi para pemilik untuk membuat suatu alat yang bisa bikin tak was-was kehabisan listrik saat berkendara. 

Dilansir dari Insideevs, Kamis 11 Juni 2020, seorang pemilik Tesla yang juga Youtuber dengan akun ItsYeBoi mengunggah video tentang dirinya membeli panel surya untuk negcas mobilnya di mana pun. Panel itu digandeng di belakang Tesla menggunakan trailer.

Dia mengaku membeli solar panel itu seharga US$2.500. Setelah itu, panel itu dirakit pada rangka di sebuah trailer lengkap dengan alat penunjang lainnya. 

Sebelum dicolok ke Tesla, jaringan listrik panel surya itu pun di tes. Dia mejajalnya dengan mengecas ponsel pintar dan menyalahkan mesin kopi. 

Uji coba itu pun berhasil. Lalu akhirnya dia memutuskan untuk mencoba mengecas Tesla dengan listrik panel surya tersebut. Hasilnya pun mengejutkan, sebab pengecasan berhasil dilakukan. 

Namun, jika ekpektasi Anda bahwa percobaan ini sukses untuk membuat Tesla bisa berjalan tanpa henti. Hal itu nampaknya belum bisa terwujud. 

Sebab untuk mengecas Tesla secara penuh dengan panel suraya tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 40 jam. Dengan kondisi matahari yang sedikit berawan saat video itu dibuat. 

Baca juga: Detik-detik Polisi Dubai Jatuh Terbalik Saat Uji Coba Motor Terbang

Selain itu, dia pun menyampaikan pesan untuk Pendiri Tesla Elon Musk. Bahwa ke depannya, Tesla harus mengembangkan sistem pengecasannya agar lebih fleksibel. 

"Tesla harus bisa dibuat bisa ngecas saat jalan. Elon Musk harus bisa memperbaiki hal ini," ujarnya. 

Karena menurutnya, di masa depan tidak menutup kemungkinan akan ada sistem pengecasan portabel seperti tenaga surya. Yang, bisa digunakan untuk mengisi daya sambil jalan.

"Saat ini (Ngecas sambil jalan) itu tidak normal. Tapi, saya sudah buat trailer solar panel pertama yang bisa di bawa Tesla," tambahnya.