Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Diuji Tabrak, Hasilnya Bikin Terkejut

Mobil baru Toyota Raize
Sumber :
  • Newsroom Toyota Global

VIVA – Jajaran produk otomotif Toyota dan Daihatsu saat ini sangat lengkap. Salah satu pilihannya adalah Raize dan Rocky,  diposisikan sebagai compact sport utility vehicle atau ada juga yang menyebutnya sebagai crossover.

Mobil ini memulai debutnya di pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show di Jepang, pada Oktober 2019. Kini, keduanya kembali menjadi sorotan usai melakukan uji tabrak untuk standarisasi kendaraan di pasar otomotif Negeri Sakura.

Melansir dari Rushlane, Sabtu 13 Juni 2020, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mencetak 85,7 dari total 100 poin atau 5 bintang, dalam uji tabrak standar Japanese NCAP (New Car Assessment Programme/JNCAP).

Ada sekitar 10 proses uji tabrak yang harus dilakukan compact SUV kembar itu. Menariknya, nilai sempurna, atau lima poin mampu diraih dari setiap pengujian yang dilakukan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Baca juga: Vespa Perkenalkan Skuter Edisi 'Sultan' Penyuka Mode, Meluncur 2021

Uji tabrak dilakukan dari sisi depan, dan hasilnya mobil mampu memberi proteksi untuk sopir, penumpang depan dan belakang. Saat uji tabrak dilakukan di sisi pengemudi, mobil ini pun bisa mereduksi cedera fatal untuk sopir.

Begitu juga saat  ditabrak dari sisi samping, dan menabrak pejalan kaki, nilai yang didapat sempurna untuk mobil SUV mungil ini. Untuk lima pengujian lainnya, Raize dan Rocky mendapat empat, dari lima poin sebagai nilai sempurna.

Nilai sempurna juga diraih Raize dan Rocky untuk kategori pengujian mencegah mobil pindah jalur, pemantauan untuk bagian belakang mobil, performa lampu depan, serta risiko selip kaki saat mengoperasikan pedal.

Meski kualitas kedua produk ini sudah dibuktikan lewat raihan lima bintang, saat uji tabrak standar JNCAP, namun PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor masih kompak, untuk tidak berbicara banyak terkait pemasarannya di Tanah Air.