Ada Lexus LM, Bikin Toyota Alphard Kalah Pamor?

Lexus LM resmi dijual di Indonesia
Sumber :
  • dok. Lexus Indonesia

VIVA – Meski berbanderol mulai dari Rp1,1 miliar, bukan sesuatu yang sulit untuk melihat Toyota Alphard dari dekat. Mobil berperawakan bongsor ini memang banyak dipakai sebagai kendaraan pribadi, dinas, sampai menjadi armada angkutan umum taksi

Tampilan eksterior elegan dengan interior yang nyaman, serta kombinasi kapasitas angkut orang dan barang di bagasi belakang, jelas membuat mobil keluarga mewah tersebut, unggul jika dibandingkan jenis kendaraan lainnya.

Meski demikian, MPV mewah itu memiliki kembaran, yakni Lexus LM. Mobil baru tersebut, dirancang oleh Lexus memakai platform yang sama seperti Alphard, namun diberi cita rasa lebih mewah. Ini bisa terlihat dari eksterior sampai fitur yang disematkan di dalamnya.

Bahkan, mobil kembaran Toyota Alphard ini resmi melengkapi jajaran produk kendaraan mewah di Indonesia. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni Lexus LM 4-seater berbanderol Rp3,035 miliar, dan versi 7-seater dilabeli harga Rp2,395 miliar.

Baca juga: Beli Mobil Toyota Saat PSBB Transisi Gak Perlu Inden, Kecuali yang Ini

Meski berada di segmen yang sama, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Lexus LM dan Toyota Alphard tidak akan saling mengganggu lantaran memiliki karakter konsumen yang berbeda.

"Jadi, Alphard dengan segmen Rp1 miliaran, Lexus mulai dari Rp 2 miliaran, yang 4-seater sekitar Rp4 miliaran, punya konsumen sendiri-sendiri," ujarnya saat konfrensi video bersama media.

Terkait penjualannya, Anton menyebut, pihaknya bisa memasarkan Alphard sebanyak 300an unit setiap bulannya, sebelum ada pandemi COVID-19. Mobil tersebut, kata dia, didatangkan secara utuh dari pabrikan Toyota di Jepang.

Jika menilisik data TAM, mobil ini diketahui laku sebanyak 96 unit pada Mei 2020. Jika ditotal, selama periode Januari sampai Mei 2020, Toyota Alphard sudah dibeli sebanyak 1.256 unit di Tanah Air. Jumlah tersebut, turun jika dibandingkan periode sama Tahun lalu, yang mencapai 2.065 unit.

"Bulan Juni ini penggemar alphard sudah banyak menanyakan, jadi kami yakin akan meningkat ya," tuturnya.