Gara-gara Hal Sepele, Mobil Ini yang Terlaris selama 16 Tahun

Suzuki Alto 2019
Sumber :
  • NDTV

VIVA – Mobil menjadi alat transportasi yang banyak dipilih, oleh mereka yang membutuhkan kenyamanan dan keamanan lebih dari sepeda motor. Kendaraan ini juga dianggap bisa menaikkan gengsi dari pemiliknya.

Karena selisih harga antara mobil dan motor cukup jauh, tidak heran apabila banyak yang baru bisa memiliki mobil setelah menabung selama beberapa tahun. Ada juga yang nekat membeli dengan cara kredit, dengan angka cicilan per bulan yang lumayan besar.

Baca juga: Waspada Penipuan Otomotif Servis Gratis Suzuki

Untuk mempermudah konsumen dalam memiliki kendaraan bermotor roda empat, para produsen menghadirkan mobil dengan harga yang cukup terjangkau. Seperti yang dilakukan oleh Suzuki di India.

Merek yang di negeri Hindustan itu dikenal dengan nama Maruti, pada tahun 2000 meluncurkan Alto, yakni mobil mungil yang mengusung mesin kecil dan dijual dengan banderol kurang dari 300 ribu Rupee, atau setara Rp55 juta.

Tenaga penggeraknya memanfaatkan mesin berkapasitas 800cc, yang mampu menghasilkan tenaga 47 daya kuda serta torsi 69 Newton meter. Dilansir VIVA Otomotif dari Rushlane, Rabu 17 Juni 2020, pada 2004 mobil tersebut menjadi yang terlaris di negeri Bollywood.

Empat tahun kemudian, yakni di 2008, total penjualan Alto di India mencapai 1 juta unit. Pada 2010, Maruti menghadirkan varian Compressed Natural Gas aatau CNG, dan langsung jadi favorit konsumen. Dua tahun kemudian, angka penjualannya tembus 2 juta unit, dan mencappai 3 juta unit pada 2016.

Selama 16 tahun, mobil tersebut menduduki peringkat pertama penjualan di India. Alto jadi favorit mereka yang baru pertama kali bisa membeli mobil. Selain murah, konsumsi bahan bakarnya juga irit, yakni 22 kilometer per liter untuk mesin bensin dan 31 km per liter untuk CNG.