Mobil MPV tak Lagi Jadi yang Terlaris di Indonesia

Booth Daihatsu di GIIAS 2019.
Sumber :

VIVA – Mobil yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle sangat populer di Indonesia. Saat ditanya mengenai alasannya, jawaban para produsen nyaris sama, yakni karena model tersebut dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kebiasaan warga untuk bepergian beramai-ramai, meski jarak yang ditempuh relatif dekat, membuat mobil dengan kapasitas tujuh penumpang jadi idola di Tanah Air. Selain itu, fungsinya juga bisa diubah menjadi untuk membawa barang dalam jumlah cukup banyak.

Era mobil MPV sudah ada sejak 1980-an, saat Toyota menghadirkan Kijang. Popularitasnya semakin naik, ketika hadir versi murahnya, yakni Avanza dan Daihatsu Xenia. Melihat angka penjualannya yang tak kunjung turun, produsen lain meramaikan pasar dengan model serupa.

Selain MPV, ada mobil lain yang juga bisa menampung tujuh orang dan tampilannya lebih gagah. Kendaraan yang dimaksud, yakni sport utility vehicle atau SUV, dan versi lima penumpangnya mulai banyak ditawarkan kurang lebih 10-15 tahun lalu.

Baca Juga: Motor Baru Yamaha Sudah Bisa Dipesan

Desainnya yang menarik, cukup menarik minat konsumen tapi tidak berhasil menyaingi angka penjualan MPV kelas bawah. Namun, hal itu berubah saat COVID-19 melanda Indonesia.

Berdasarkan data dari PT Astra Daihatsu Motor, dikutip VIVA Otomotif Senin 22 Juni 2020, pada April tahun ini total pengiriman mobil dari diler ke konsumen tercatat 24,3 ribu unit. Bulan berikutnya, turun menjadi hanya 17,1 ribu unit.

Pada bulan ke-4 tahun ini, pangsa pasar SUV di Indonesia 14,2 persen, sedangkan low MPV jauh di atasnya dengan angka 19,4 persen. Saat pindah ke bulan selanjutnya, posisi berubah.

Pangsa pasar SUV pada Mei 2020 sebesar 14,7 persen atau naik 0,5 persen dari bulan sebelumnya. Sementara, low MPV peminatnya turun drastis, yakni 5,6 persen sehingga pangsa pasarnya di bawah SUV, yakni 13 persen.

“Low MPV tahun lalu 21-22 persen pangsa pasarnya di kuartal 1 2019, masuk ke April-Mei tahun ini turun drastis. Bahkan, kontribusinya tinggal 13 persen. Tahun lalu, medium SUV 11-12 persen, tahun ini meningkat jadi 14 persen di kuartal 1,” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso saat konferensi pers virtual.