Mobil Murah Ini Hanya Punya 1 Pedal, tapi Bisa Pecundangi Fortuner

Modifikasi Maruti 800
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Sebelum muncul Maruti Alto, pasar mobil di India lebih dulu diisi oleh Maruti 800. Model ini menjadi kendaraan pribadi dengan penggerak depan pertama yang ada di negara tersebut, dan langsung mendapat respons meriah dari konsumen.

Penggunaan penggerak depan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih irit, karena tenaga tidak perlu disalurkan ke roda belakang melalui perantara. Saat ini, hanya tersisa beberapa unit Maruti 800 yang kondisinya masih layak pakai.

Harga mobil mungil berkapasitas lima orang itu dalam kondisi bekas pakai, yakni sekitar 75 ribu Rupee atau setara Rp14 juta. Nah, salah satunya telah dimodifikasi dengan cara yang cukup ekstrem, sehingga performanya meningkat drastis.

Dilansir VIVA Otomotif dari Cartoq, Rabu 24 Juni 2020, dalam kondisi standar mesin tiga silinder 800cc yang terpasang mampu menghasilkan torsi 71 Newton meter. Tenaga tersebut cukup untuk menggerakkan kendaraan dengan bobot 1 ton itu.

Namun, oleh sang pemilik, Hemank Dabhade mesin tersebut dikeluarkan dari kompartemen. Sebagai gantinya, ia memasang dinamo listrik berkekuatan 19 kilo Watt, yang mampu menghasilkan torsi 54 Nm. Usai disalurkan melalui torque converter, angkanya menjadi 378 Nm.

Alhasil, mobil mungil ini mampu mengungguli Toyota Fortuner bermesin bensin, yang hanya mampu menghasilkan torsi 245 Nm. Akselerasi Maruti 800 modifikasi itu jauh lebih unggul, karena bobotnya juga lebih ringan.

Keunikan lain dari mobil tersebut, yakni hanya menggunakan satu pedal. Sistem pengeremannya diubah, sehingga saat pedal gas dilepas maka otomatis rem akan berfungsi. Teknologi ini banyak digunakan oleh para produsen kendaraan listrik.