Honda Civic Type R Limited Edition Jadi Safety Car Balapan Dunia

Honda Civic Type R Limited Edition Safety Car.
Sumber :
  • Dokumentasi Honda.

VIVA – Pabrikan mobil asal Jepang, Honda mengumumkan, Mobil Civic Type R Limited Edition yang diproduksinya resmi menjadi safety car ajang balapan FIA World Touring Car Cup atau WTCR. Balapan itu akan terdiri dari 6 putaran di Eropa, mulai di Salzburgring di Austria pada 12-13 September mendatang.

Dikutip dari keterangan resmi Honda, Selasa 30 Juni 2020, Promotor WTCR François Ribeiro mengatakan, Honda memiliki sejarah yang dalam terkait kompetisi FIA World Touring Car. Mobil tersebut pun dinilai sangat cocok dengan filosifi WTCR. 

"Civic Type R sebagai safety car Resmi dengan peringkat keamanan yang sangat baik, sporty, kualitas dinamis, serta keterjangkauannya. Sangat cocok dengan filosofi WTCR," ungkapnya. 

Baca juga: Suzuki Baleno Hatchback Ini Berubah Jadi 'Monster'

Safety car adalah mobil yang akan keluar sebelum pembalap melakukan warming up lap atau pemanasan. Mobil ini digunakan untuk memastikan keselamatan pembalap di sirkuit yang akan dilibas.

Mobil ini nantinya akan menggunakan corak berwarna dasar kuning yang dijuluki Sunlight Yellow. Warna itu terinspirasi oleh filosofi agresif dan mobil itu dan merupakan pilihan seniman Belgia Vanuf, perancang berbagai mobil tur Honda di berbagai program. 

Edisi terbatas ini tetap menggunakan mesin VTEC Turbo 2.000 CC yang bisa menyemburkan tenaga 320 PS pada RPM 6.500 dengan torsi puncak 400 Nm. Untuk mencapai 0-100 km per jam, mobil ini membutuhkan waktu hanya 5,7 detik.