Menteri Andalan Jokowi Pernah Simpan Mobil China di Garasi

Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

VIVA – Salah satu politikus yang setia menemani Presiden Jokowi selama menjalankan roda pemerintahan dua periode, yakni Tjahjo Kumolo. Pria berusia 62 tahun itu awalnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri periode 2014-2019.

Lalu pada Kabinet Indonesia Maju, ia kembali dipercaya untuk duduk di kursi pemerintahan, dengan jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia. Tjahjo mulai bekerja di Kementerian PAN-RB pada Oktober 2019.

Politikus yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut, pernah menjabat sebagai Sekjen di partai berlogo banteng itu. Sebelumnya, Tjahjo bergabung dengan Partai Golkar, yakni sebelum era reformasi. Ia juga sempat merasakan nyamannya duduk di kursi anggota dewan, dan sempat menjadi Pelaksana Tugas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia selama 20 hari.

Berbeda dengan rekan-rekannya sesama politikus, Tjahjo jauh dari gaya hidup mewah. Dilansir VIVA Otomotif dari 100kpj, Selasa 7 Juli 2020, pria lulusan Universitas Diponegoro Semarang itu saat ini hanya memiliki harta sebanyak Rp5,8 miliar.

Baca Juga: Penasaran Harga Mobil Anggota DPR, Merapat!

Dari jumlah tersebut, sebagian besarnya adlah dalam bentuk tanah dan bangunan. Tjahjo diketahui memiliki tanah seluas 543 meter persegi dan bangunan 232 meter persegi di Jakarta Selatan, dengan nilai Rp2,5 miliar. Ia juga punya bangunan 33 meter persegi di wilayah yang sama, yang nilainya Rp350 juta.

Pada laporan kekayaan yang ia serahkan ke Komisi Pemberantasa Korupsi sebelumnya, Tjahjo tercatat pernah memiliki tanah 2.345 meter persegi di Semarang, namun statusnya saat ini sudah dijual.

Demikian pula dengan kendaraan yang ada di garasinya. Pada 2018, Tjahjo melaporkan bahwa ia punya tiga mobil, yaitu Toyota Nav1, Toyota Kijang Innova, Wuling minibus, dan sedan Toyota Crown.

Namun, di laporan tahun berikutnya nama mobil Wuling yang nilai jual kendaraan bermotornya Rp120 juta, tidak lagi dicantumkan karena sudah dijual.