Wuling Luncurkan Rival Calya dan Sigra, Harga Rp80 Jutaan

Wuling Hong Guang V 1.2L
Sumber :
  • Wuling

VIVA – Wuling resmi meluncurkan mobil baru yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle. Peluncuran mobil yang diberi nama Hong Guang V 1.2L itu, dilakukan di negara asalnya, China.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Wuling, Selasa 14 Juli 2020, mobil baru tersebut dibekali mesin berkapasitas 1.200cc dan transmisi manual lima percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 75 daya kuda dan torsi 110 Newton meter.

Jika dibandingkan dengan mobil yang dijual di Indonesia, maka spesifikasi Hong Guang V 1.2L tidak jauh berbeda dari dua low cost green car Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Dua kendaraan model MPV itu juga mengandalkan mesin 1.200cc, dengan tenaga 86 daya kuda dan torsi 107 Nm.

Untuk mempermudah penumpang keluar-masuk kabin, Wuling memasang pintu geser di bagian samping. Mobil ini tersedia dalam dua varian, yakni model penumpang dan blind van yang biasa dipakai untuk mengangkut barang.

Agar mampu melintasi tanjakan saat membawa beban berat, Wuling mendesain Hong Guang V 1.2L dengan penggerak roda belakang. Konsekuensi yang harus dibayar, yakni suspensi belakang tidak bisa independen dan masih memakai per daun.

Demi menekan harga jual agar tetap terjangkau, fitur canggih yang disediakan tidak banyak. Wuling hanya fokus pada keselamatan penumpang, yakni dengan memasang anti-lock braking system atau ABS dan electronic brakeforce distribution atau EBD.

Dua peranti itu dianggap ampuh untuk mengurangi jarak pengereman, ketika mobil sedang melintas di jalanan yang licin. Sensor akan mengirim data ke komputer, memastikan roda tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak.

Wuling Hong Guang V 1.2L ditawarkan dengan banderol mulai dari 42,9 ribu Yuan. Apabila dikonversi ke rupiah, maka nilainya menjadi kurang lebih Rp88 juta.