Kijang Innova Belum Punya Lawan yang Sepadan, Ini Buktinya

Toyota Kijang Innova
Sumber :
  • Dok. TAM

VIVA â€“Selain harga dan desainnya, saat membeli mobil baru biasanya konsumen Tanah Air mempertimbangkan kapasitas angkutnya. Pembeli kerap mencari kendaraan yang memiliki kapasitas angkut tujuh orang penumpang, serta ada tambahan ruang untuk menaruh barang bawaan.

Kebutuhan tersebut, diakomadasi oleh pabrikan otomotif melalui produk multi purpose vehicle (MPV), atau ada pula yang menyebutnya sebagai mobil keluarga. Menariknya, jenis kendaraan ini ditawarkan untuk pembeli dari segmen bawah, menengah, sampai yang membutuhkan kendaraan mewah.

Jika menelisik data penjualan mobil keluarga kelas menengah atau medium MPV dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), maka bisa terlihat jelas produk-produk legendaris bersaing dengan para pendatang baru.

Di segmen ini, jika berdasarkan data penjualan mobil baru dari pabrik ke diler-diler resmi (wholesales), maka posisi Kijang Innova belum tergoyahkan. Selama periode Januari sampai Juni (semester I)2020, mobil lansiran Toyota itu laku 13.867 unit.

Baca juga: Mercedes-Benz Tanpa Atap Dilelang, Harganya Bisa Sampai Rp36 Miliar

Sementara di peringkat dua, ditempati oleh produk medium MPV yang memakai pintu geser, Toyota Voxy. Kendaraan dengan desain kotak tersebut, mencatat penjualan sebanyak 1.129 unit sepanjang semester pertama tahun ini.

Merek pendatang baru asal Tiongkok, Wuling diketahui juga menjajal peruntungan di segmen mobil keluarga kelas menengah. Produknya yang bernama Cortez, berhasil menorehkan penjualan wholesales sebanyak 374 unit selama enam bulan pertama tahun 2020.

Jangan lupa, Isuzu masih menjual mobil diesel legendaris Panther untuk penggemar medium MPV. Meski minim pembaruan, dari awal sampai pertengahan tahun ini Isuzu Panther masih dicari konsumen. Angka penjualan wholesales-nya diketahui 251 unit.

Sementara posisi paling bawah ditempati oleh Nissan Serena. Mobil keluarga kelas menengah yang mengusung desain kotak dan pintu geser itu, mencatat penjualan wholesales sebanyak 161 unit di periode semester pertama 2020.