Ketua MPR Jadi Duta Modifikasi Tanah Air

Ketua MPR, Bambang Soesatyo saat mengunjungi pameran modifikasi
Sumber :
  • NMAA

VIVA – Politikus Bambang Soesatyo dikenal sebagai salah satu penggemar dunia otomotif. Ada dua mobil listrik yang sering ia kendarai, yakni Tesla Model S dan Tesla Model X. Keduanya diimpor langsung dari Amerika Serikat, dengan biaya masing-masing lebih dari Rp1 miliar.

Namun ternyata, dua mobil tersebut bukanlah kendaraan paling mahal yang ia miliki. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di Komisi Pemberantasan Korupsi, ada 13 kendaraan di garasinya, dan semuanya mewah.

Dari 13 kendaraan yang ia laporkan pada 29 Maret 2019 itu, diketahui ada dua sepeda motor Harley-Davidson dan sisanya kendaraan bermotor roda empat. Dua dari mobil miliknya, berjenis sport buatan Italia. Yang pertama Lamborghini buatan 2012, dan satu lagi Ferrari dengan tahun pembuatan yang sama.

Uniknya, kedua mobil tersebut juga bukan yang paling mahal di garasinya. Dari daftar tersebut, diketahui sedan paling mewah yang dimiliki Bamsoet adalah Rolls-Royce Phantom lansiran 2011. Nilai jual kendaraan bermotor mobil buatan Inggris itu, yakni Rp4,3 miliar.

Baru-baru ini, pria yang akrab disapa Bamsoet itu mencoba mobil listrik baru keluaran Jerman, yakni Porsche Taycan. Ia melakukannya bersama salah satu artis yang juga getol membesut mobil kencang, Raffi Ahmad.

Bamsoet duduk di sisi kanan untuk merasakan impresi mengemudi mobil Porsche Taycan berbodi putih. Di sisi kiri depan, ada Raffi Ahmad mendampingi pria yang dikenal hobi mengendarai motor gede Harley-Davidson tersebut.

Begitu aktifnya ia di dunia otomotif, membuat National Modificator & Aftermarket Association atau NMAA, meminta Bamsoet sebagai duta dari acara modifikasi yang akan mereka gelar pada 10 Oktober 2020, yakni Indonesia Modification Expo 2020.

“Jika didukung regulasi yang memadai, kendaraan hasil karya modifikasi dapat memenuhi standar keselamatan, berdokumen resmi, dan bisa menjadi bagian dunia otomotif yang bernilai jual,” tuturnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi NMAA, Kamis 23 Juli 2020.