Birukan Langit Jakarta, Bus Listrik Bakrie Autoparts akan Dibuat Lokal

Bus Listrik Buatan Bakrie
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Mimpi warga Jakarta untuk bisa menikmati kendaraan umum yang ramah lingkungan, akan segera terwujud dalam waktu dekat. PT Bakrie Autoparts bekerja sama dengan BYD, menguji coba bus yang digerakkan energi setrum di Ibu Kota.

Membuat langit Jakarta kembali biru memang bukan pekerjaan yang mudah. Polusi kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang dari berbagai macam penyakit yang diderita warga, seperti sesak napas dan alergi.

Hanya sekadar menjual kendaraan yang tidak memakai bahan bakar fosil, baru sebagian dari langkah menuju terciptanya iklim yang bersih. Proses selanjutnya, yakni dengan memproduksi unit di dalam negeri, sehingga tidak perlu lagi impor yang menghabiskan banyak solar untuk pengirimannya.

Direktur Utama PT Bakrie Autoparts, Dino A Riyandi mengatakan bahwa bus listrik berjenis low deck dengan tipe C6 dan K9 lansiran BYD itu nantinya akan dibuat secara lokal.

“Saat ini kami mengimpor bus listrik CBU atau dalam keadaan utuh, tapi hanya untuk promosi dan uji coba,” ujarnya, dikutip dari 100kpj, Kamis 30 Juli 2020.

Kedua perusahaan berkomitmen untuk memproduksi bus canggih itu secara lokal, dan meningkatkan tingkat kandungan dalam negerinya.

"Targetnya, 2022 sudah mulai memproduksi 300 unit bus listrik per tahun, dengan tingkat kandungan dalam negeri sedikitnya 55 persen," tuturnya.

Keunggulan lain dari bus listrik Bakrie Autoparts, yakni tidak membutuhkan infrastruktur spesial. Terutama, untuk mengisi baterainya.

Cas sistem bus listrik kami dapat memakai sumber daya dari PLN untuk industri atau komersial yang umum, yakni 380 volt tiga fase,” jelasnya.