Indomobil Kuasai Saham Nissan Motor Distributor Indonesia

Logo Nissan
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kabar terbaru dunia otomotif nasional datang dari Nissan. Merek kendaraan asal Jepang itu mengumumkan kerja sama mereka dengan Indomobil Group, yang saat ini menaungi banyak merek kendaraan, termasuk Suzuki dan KIA.

Melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Jumat 7 Agustus 2020, kedua pihak telah meneken nota kesepahaman terkait kerja sama tersebut.

Dalam nota kesepahaman itu, Indomobil Group akan memiliki mayoritas saham di perusahaan distributor Nissan, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, sementara Nissan mempertahankan 25 persen kepemilikan.

“Hubungan kami dan Nissan dibangun berdasarkan rasa saling menghormati dan nilai-nilai bersama. Kolaborasi yang lebih dalam dengan Nissan akan membuka peluang besar untuk memperkuat pelayanan, kami demi kepentingan pelanggan dan mitra bisnis”, ujar Presiden Direktur dan CEO Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Indomobil Group baru saja melakukan right issue untuk menambah modal perusahaan. Mereka menjual saham sekitar Rp500 per lembar, dengan harapan bisa mendapatkan dana segar Rp600 miliaran.

Pemegang saham mayoritas PT Indomobil Sukses International, yakni Gallant Venture memutuskan untuk berhemat dan fokus pada aktivitas mereka di Riau. Sehingga, hak mereka dialihkan ke PT Bina Raya Perkasa yang dimiliki oleh Pieter Tanuri.

Nama Pieter sebelumnya sudah dikenal di dunia otomotif, dengan merek ban Corsa serta Achilles buatan PT Multistrada Arah Sarana. Ia juga resmi menjadi pemilik klub bola Bali United.

Informasi tambahan, PT Nissan Motor Distributor Indonesia dan PT Nissan Motor Indonesia adalah dua entitas yang berbeda. NMDI berkiprah dalam bidang pembuatan dan distribusi produk Nissan, sedangkan NMI melayani penjualan serta purna jual.

Baca juga: Diler Ini Berani Bayarin Avanza Lama Rp118 Juta