Dua Mobil Baru Ini Calon Penantang Fortuner dan Corolla Cross

Mobil baru Tata Gravitas (kanan) dan Tata Harrier (kiri)
Sumber :
  • Rushlane

VIVA – Peminat mobil jenis sport utility vehicle sepertinya meningkat di tahun ini. Hal itu terlihat dari gencarnya pabrikan kendaraan menghadirkan model tersebut, baik di Indonesia maupun India.

Beberapa hari lalu, Toyota Indonesia resmi membuka selubung SUV mungil mereka yang diberi nama Corolla Cross. Kendaraan ini berkapasitas lima penumpang, disematkan mesin 1.800cc dan dijual mulai dari Rp457,8 juta.

Toyota juga memiliki Fortuner, SUV gagah yang sudah lama hadir di Tanah Air. Model ini masih mendominasi di kelasnya, dan bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero Sport. Banderol Fortuner mulai dari Rp492 jutaan.

Toyota Fortuner merupakan produk global, mobil ini juga dipasarkan di banyak negara, termasuk India. Persaingan pasarnya lebih ketat dari Indonesia, karena banyak pabrikan yang menghadirkan mobil dengan kemampuan serupa. Salah satunya, Tata Motors dengan produk baru mereka, Tata Gravitas.

Dilansir VIVA Otomotif dari Rushlane, Senin 10 Agustus 2020, Tata Gravitas sedang diuji jalan di negara tersebut, bersama dengan produk lainnya, Tata Harrier yang menjadi calon penantang Corolla Cross.

Kedua mobil tertangkap kamera sedang diparkir di sebuah lahan, dengan sekujur bodi dibalut kamuflase untuk menyamarkan identitas.

Tata Gravitas disebutkan tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.500cc bensin dengan turbocharger dan 2.000cc diesel. Panjang mobil ini 4,66 meter, lebar 1,89 meter dan tinggi 1,79 meter. Peluncuran akan dilakukan pada awal 2021.

Sementara itu, Tata Harrier edisi terbaru hanya mengusung mesin bensin berkapasitas 1.500cc dan pendorong turbocharger. Mobil ini dibangun memakai platform yang sama dengan Tata Gravitas, yakni Omega Platform. Peluncurannya diprediksi tak lama lagi.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung 10 Agustus 2020