Limusin Langka Bekas Pejabat China Dijual di AS, Harganya Gak Mahal

Mobil limusin Mercedes-Benz langka bakal dilelang
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA â€“Mercedes-Benz dikenal sebagai salah satu merek otomotif yang memproduksi kendaraan mewah, untuk pemakaian pribadi, pejabat, bahkan petinggi negara. Untuk petinggi negara misalnya, produk Mercedes-Benz yang bisa dipakai berjenis limusin.

Kendaraan jenis limusin, ternyata sudah dibuat oleh produsen otomotif Jerman itu lebih dari lima dekade lalu. Salah satu contohnya, Mercedes-Benz 600LWB yang sempat dipakai mantan Wakil Presiden dan Menteri Luar Negeri China pada tahun 1965, Chen Yi.

Limusin Mercedes-Benz klasik itu dikenal dengan sebutan Grosse Mercedes, atau The Grosser. Ini untuk mewakili citranya sebagai kendaraan paling mewah dan glamor yang pernah dibuat pada zamannya. Mobil tersebut, merupakan rancangan dari George Mortimer Pullman.

Melansir dari Autoevolution, Rabu 12 Agustus 2020, kini limusin Mercedes-Benz 600 bekas dipakai Chen Yi sedang mencari pembeli baru. Mobil itu diketahui masuk dalam daftar kendaraan yang akan dilelang oleh perusahaan lelang LBI Limited di Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca juga: Terlalu Kaya, Pria Ini Pesan Ojek Online untuk Keliling Rumah

Sebelum masuk daftar lelang, mobil mewah ini memiliki kisah panjang. Usai dipakai penguasa Tiongkok selama periode 1965 sampai 1967, mobil masuk dalam kendaraan yang disita oleh negara.

Tak diketahui bagaimana awalnya, pada tahun 1993 mobil ini berada di Jerman. Lalu, 11 tahun kemudian atau tepatnya pada 2014 mobil menjadi salah satu koleksi penggemar mobil mewah di Eropa. Tahun 2018, mobil dibeli oleh seseorang di Amerika Serikat dan kini akan dijual di balai lelang.

Gambar yang diunggah memperlihatkan eksterior mobil masih dalam kondisi orisinal, dengan cat bodi warna hitam serta kombinasi krom di bumper depan, sepatbor, side skirt, bingkai lampu, lis atap, sampai ke bagian peleknya.

Interiornya terlihat dibungkus pelapis kulit warna coklat muda. Memiliki identitas sebagai limusin, membuat Mercedes-Benz 600 LWB ini memiliki jok belakang yang berhadapa, serta bisa menampung empat orang.

Meski dijual dalam kondisi mulus dan punya cerita panjang, harga mobil langka ini masih bisa dikategorikan terjangkau. Rumah lelang di Amerika Serikat itu menawarkannya mulai dari USD285 ribu, atau setara Rp4,21 miliar.