Ada MPV Mewah Pakai Plat Nomor 'Indonesia 1' Saat Upacara HUT RI ke-75

Toyota Alphard memakai plat nomor 'Indonesia 1', saat upacara HUT RI ke-75
Sumber :
  • Screenshot Youtube Sekretariat Presiden RI

VIVA – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75, tetap dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta, Senin 17 Agustus 2020. Presiden Joko Widodo menjadi Pemimpin Upacara, di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Tanah Air.

Ada banyak perbedaan ketika seremoni peringatan Proklamasi bangsa Indonesia tahun ini, mulai dari jumlah pasukan pengibar bendera serta jumlah tamu peserta upacara yang dibatasi, sampai penggunaan mobil yang berbeda dari kegiatan upacara tahun lalu.

Tahun lalu, Presiden Joko Widodo memakai kendaraan dinas sedan Mercedes-Benz S600 Guard. Maka untuk menuju Istana Negara di peringatan HUT RI tahun ini, terlihat kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV) Toyota Alphard ada di iring-iringan kendaraan dinas.

Dari saluran Youtube Sekretariat Presiden, terlihat mobil mewah buatan Jepang itu memakai bodi warna hitam. Layaknya kendaraan dinas untuk Pemimpin Negara, ada tiang dan bendera Merah Putih terpasang di grille besarnya.

Baca juga: Daftar Harga Innova TRD Sportivo yang Baru Resmi Meluncur

Tak hanya itu, di bawahnya dipasang plat nomor bertuliskan 'Indonesia 1'. Ini merupakan protokol standar, yang dipakai untuk semua kendaraan ketika mengiringi kegiatan atau perjalanan dinas Presiden Republik Indonesia.

Rekaman gambar memperlihatkan, mobil tersebut mendapat pengawalan ketat seperti protokol iring-iringan Presiden pada umumnya. Toyota Alphard berplat nomor Indonesia 1 itu, berjalan dikawal oleh jajaran petugas yang memakai motor gede BMW Motorrad.

Sementara di sisi kiri dan kanan mobil tersebut, terlihat dua sepeda motor sport berwarna hitam, yang merupakan bagian dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) RI dengan pakaian serba hitam.

Di belakang mobil Indonesia 1, terdapat beberapa Jip Mercedes-Benz G Class dan sedan Mercedes-Benz S600 yang kerap dipakai sebagai kendaraan dinas Presiden beserta wakilnya.

Sampai saat ini belum diketahui alasan pemilihan MPV mewah Toyota itu untuk mengantarkan Jokowi menuju Istana dan melakukan upacara peringatan HUT RI ke-75.