Toyota dan Mitsubishi Angkat Bicara Soal Dibatalkannya Pameran GIIAS

Booth Toyota di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Penyebaran virus Corona tipe baru alias COVID-19 membuat banyak aktivitas terganggu, salah satunya pameran otomotif. Banyak negara yang pada akhirnya membatalkan agenda untuk memperkenalkan produk serta teknologi terbaru di kendaraan tersebut.

Hal serupa juga dilakukan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Asosiasi untuk industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia itu, memutuskan untuk membatalkan penyelenggara pameran tahunan GIIAS 2020.

Pada mulanya, pameran tersebut dijadwalkan terselenggara pada 22 Oktober-1 November 2020, di ICE BSD, Tangerang. Meski demikian, waktu yang singkat untuk mempersiapkan di tengah pandemi, membuat Gaikindo resmi membatalkannya.

Kemudian, sebagai penyelenggara pameran tahunan Gaikindo akan menggantinya dengan kegiatan baru bernama Jakarta Auto Week. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 21– 29 November 2020, di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca juga: Resmi, Gaikindo Tiadakan Pameran Otomotif GIIAS 2020

Kondisi ini ditanggapi Agen Pemegang Merek (APM) yang juga menjadi anggota Gaikindo, PT mitsubishi" target="_blank">Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Toyota Astra Motor.

“Pada dasarnya, MMKSI mengikuti dan memahami keputusan dari Gaikindo. Kami juga terus memantau kondisi terkait penyebaran Covid-19 dan menyesuaikan dengan keinginan konsumen Indonesia," ujar Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro kepada VIVA Otomotif, Rabu 19 Agustus 2020.

Sementara itu, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sebagai anggota Gaikindo pihaknya berharap dibatalkannya pameran tersebut tak berpengaruh banyak bagi penjualan produk otomotif di masa pandemi saat ini.

"Mudah–mudahan dengan adanya Gaikindo Jakarta Auto Week nantinya tetap bisa membantu penjualan. Untuk detail keikutsertaan Toyota, nanti kami akan sesuaikan dengan acaranya seperti apa," paparnya.