Belum Setahun, Mobil Ini Jadi Tulang Punggung Kia di Indonesia

Seltos menjadi salah satu produk mobil Kia yang dipasarkan di Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek mobil Kia di Indonesia, membuka tahun 2020 dengan produk baru bernama Seltos. Mobil tersebut  diposisikan sebagai sport utility vehicle (SUV) kelas menengah, dan menjadi senjata andalannya di pasar otomotif nasional.

Kehadiran Seltos, melengkapi jajaran produk yang sudah ditawarkan Kia. Sebelumnya, ada empat kendaraan yang dijual untuk masyarakat, yakni city car Picanto, hatchback Rio, MPV Mewah Sedona, serta kendaraan komersial K2700 (Big-Up).

Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo mengatakan, sampai Juli 2020, Kia sudah menjual sekitar 400 unit kendaraan baru. Sejak meluncur di awal tahun hingga kini, Seltos menjadi tulang punggung penjualan Kia di Indonesia.

"Penjualan didominasi Seltos, 75 persen. Lalu 10 persennya K27 Big-Up, sisanya itu terbagi di Rio, Picanto dan Sedona," ujarnya dalam acara diskusi online Ngovid, Kamis 27 Agustus 2020.
Baca juga: Diler Kia Masih Layani Servis Mobil Nissan dan Datsun, Ada Tapinya

Pencapaian tersebut, kata Ario, akan terus meningkat seiring dengan penjualan di pasar otomotif nasional yang perlahan mulai memperlihatkan perbaikan usai dihajar pandemi COVID-19.

"Kami ada pengadaan mobil niaga, mungkin nanti komposisi (penopang) penjualannya berubah lagi," paparnya.

Diketahui, Seltos memiliki dimensi bodi panjang 4.315 milimeter, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm, serta wheelbase 2.610 mm. Sementara untuk jarak pijak dari tanah (ground clearance) mencapai 183 mm.

Kabin SUV baru ini didominasi hitam dengan fitur head unit layar sentuh berukuran 8 inci, yang mumpuni untuk Apple CarPlay maupun Android Auto. Seltos juga sudah mengaplikasikan pendingin udara digital.

Jantung penggerak Seltos berasal dari mesin Kappa dengan empat silinder, berkapasitas 1.353cc turbocharger. Tenaganya disalurkan ke penggerak roda depan, melalui transmisi otomatis DCT tujuh percepatan.