Zaman Sudah Canggih, Beli Truk Baru Juga Bisa Lewat Lapak Online

Mitsubishi Fuso Fighter (kanan)
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Berkembangnya teknologi, membuat manusia tak lagi sulit mendapatkan barang kebutuhannya. Tak hanya keperluan sehari-hari, mobil penumpang sampai kendaraan niaga jenis truk pun, kini bisa dibeli melalui toko online.

Ini seperti ditawarkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi dari kendaaraan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), yang kini memiliki 'diler digital' memalui platform jual beli Tokopedia.

Sales & Marketing KTB, Duljatmono mengatakan, kolaborasi penjualan kendaraan niaga secara online dibuat untuk senantiasa hadir dalam memberikan kemudahan layanan kepada konsumen. Terlebih lagi dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat PSBB di masa pandemi.

Baca juga: Gagahnya Mobil Fortuner, Sampai Nasib Honda CBR250RR di Indonesia

"Tokopedia, salah satu e-commerce terbaik di Idonesia. Untuk itu, kami memilih untuk memperkenalkan kepada konsumen. Kami tidak ingin mengecewakan konsumen agar berjalan dengan baik pelayanan online ini," ujarnya dalam webinar, Selasa 1 September 2020.

Official store Mitsubishi Fuso di Tokopedia, kata pria yang akrab disapa Momon, melibatkan 22 diler resmi yang terbagi dalam delapan area penjualan, mulai dari Sumatera bagian utara dan Selatan, wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali & NTB), Kalimantan, serta Indonesia Bagian Timur.

"Kami siapkan secara lengkap layanan untuk konsumen. Beberapa konsumen juga merupakan loyalis yang sudah kenal dengan produk kami, dan pembelian online tidak perlu dikhawatirkan, informasinya lengkap," paparnya.

Sementara itu, Deputy Group Head of Branding KTB, Toto Sudaryanto mengatakan, pada tahap awal kolaborasi secara digital ini, produk yang bisa didapatkan konsumen baru berupa kendaraan Niaga Mitsubihi Fuso. Nantinya, pengembangan akan dilakukan. sehingga pelanggan bisa membeli suku cadang kendaraannya di lapak online.

"Saat ini kami masih fokus pada unit terlebih dahulu, untuk pembelian truknya. Sparepart tentu merupakan kesatuan dengan unitnya, ke depannya akan kami kembangkan," paparnya.

Transaksi yang bisa dilakukan konsumen Mitsubishi Fuso melalui Tokopedia diketahui baru berupa pre-order. Untuk menggunakannya, pembeli hanya perlu mencari 'Mitsubishi Fuso' official store. Setelah itu, memilih lokasi diler yang terdekat dengannya. Konsumen lalu bisa memilih daftar diler sesuai wilayahnya.

Seperti berbelanja barang lainnya, konsumen truk merek Jepang itu bisa memilih kendaraan niaga yang sesuai, lalu memasukan ke dalam keranjan, dan bisa pula memanfaatkan fitur live chat dengan diler terkait. Setelah itu, konsumen bisa melakukan transaksi pembayaran uang tanda jadi sesuai dengan yang tertera. Kemudian, proses pembelian akan dilanjutkan melalui diler yang melayaninya.