Meski Pandemi, Pelumas Mobil Tetap Diproduksi di Indonesia

Pelumas Mobil Lubricants
Sumber :
  • HNZ

VIVA – ExxonMobil resmi mengakuisisi salah satu produsen pelumas terbesar di Indonesia, yakni Federal Lubricants pada 2018 lalu. Sejak Februari tahun ini, mereka mulai memproduksi pelumas dengan merek Mobil di Tanah Air.

Sebelumnya, proses pembuatan pelumas merek tersebut dilakukan di pabrik mereka yang ada di Singapura. Adanya pandemi COVID-19, ternyata tidak menyurutkan niat mereka untuk terus berkiprah di Indonesia.

“Kami sudah memproduksi pelumas merek Mobil di pabrik yang ada di Cilegon. Tadinya, diproduksi di Jurong, Singapura,” ujar Head of Indonesia Lubricants Market ExxonMobil, Patrick Adhiatmadja saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Rabu 9 September 2020.

Adanya pandemi menjadi tantangan bagi para produsen pelumas kendaraan. Sebab, adanya pembatasan sosial berskala besar membuat banyak mobil dan motor lebih sering diparkir di garasi ketimbang melintas di jalan.

Baca juga: Pengemudi Taksi Online yang Pakai Mobil Listrik akan Dapat Insentif

Patrick menjelaskan, strategi yang dilakukan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia adalah dengan menggelar berbagai promo, menawarkan layanan di rumah, serta meluncurkan produk baru.

"Tidak mudah menjalani kegiatan di masa pandemi. Tapi, kami harus tetap eksis. Kami terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri, dengan adaptasi kebiasaan baru ini,” tuturnya.

Kehadiran fasilitas digital juga dimanfaatkan oleh mereka, baik untuk melakukan promosi maupun pendekatan terhadap konsumen. Hal itu diungkapkan oleh Marketing Director EMLI, Pablo Conrad.

“Pandemi ini tidak menghalangi kami untuk tetap terhubung dengan konsumen. Kami memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif,” jelas Conrad.