Kijang Innova Dilelang Mulai Rp30 Jutaan

Lelang Toyota Kijang Innova
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Turunnya daya beli masyarakat selama masa pandemi, membuat angka penjualan mobil baru anjlok hingga 50 persen. Jika biasanya total transaksi per bulan ada di angka 80 ribuan unit, maka selama wabah melanda hanya 20-30 ribuan unit.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto mengatakan, saat ini masyarakat lebih memilih untuk membeli mobil bekas, karena harganya lebih terjangkau. Model yang jadi incaran, kata dia, adalah yang dijual dengan banderol di bawah Rp150 juta.

Salah satu mobil bekas yang ditawarkan dengan harga tersebut, yakni Toyota Kijang Innova. Kendaraan yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle ini banyak disukai, karena nyaman dan bisa membawa penumpang dalam jumlah banyak.

Harga pasaran Innova di pasar mobil bekas bervariasi. Dari penelusuran VIVA Otomotif, Selasa 22 September 2020, dana Rp120-150 juta bisa mendapatkan model rakitan 2010 ke bawah.

Baca Juga: Harga Wuling Cortez Bekas Menarik Juga, Cuma Rp100 Jutaan

Jika dana yang tersedia kurang dari Rp100 juta, maka Innova yang bisa dibeli adalah yang dibuat sekitar 2005. Tapi, ternyata ada juga model yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp30 jutaan. Innova yang dijual murah tersebut adalah barang lelangan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Pada laman resmi lelang.go.id, ada beberapa Innova yang dipajang dengan harga murah. Contohnya, edisi 2005 yang ditawarkan oleh Balai Karantina Pertanian Jayapura dengan nilai lelang mulai dari Rp32 jutaan.

Jika tidak mau repot datang ke timur Indonesia, bisa melirik Innova 2.0 G tahun 2007 yang dilelang oleh Kantor Badan Pemeriksa Keuangan RI. Nilai lelang terendahnya Rp46,95 juta, dan akan ditawarkan pada Kamis 24 September 2020.

Sebagai informasi, harga beli mobil lelang tergantung dari berapa banyak peserta dan seberapa berani mereka memberi penawaran. Unit dijual dalam kondisi apa adanya, sehingga peserta harus teliti saat memeriksa sebelum mengikuti proses lelang.