Indonesia Rangking 15 Dunia, untuk Jualan Mobil Baru Terbanyak

Ilustrasi penjualan mobil di Astra Auto Fest
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Mobil menjadi salah pilihan jenis kendaraan, untuk beraktivitas harian. Tak hanya diimpor dari luar negeri, kendaraan bermotor roda empat kini banyak juga yang sudah diproduksi secara lokal.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara mengatakan, dari sisi produksi kendaraan bermotor roda empat, berdasarkan data pada 2019 Indonesia menduduki peringkat 13. Untuk penjualan mobil di Indonesia berbeda dua peringkat, yakni 15 besar pasar otomotif dunia.

"Indonesia bersaing ketat dengan Thailand, yang jumlahnya jauh menggungguli. Sementara untuk penjualan di pasar domestik, Indonesia lebih tinggi," ujarnya dalam webinar 'The 2nd Series Industry Roundtable', Selasa 22 September 2020.

Jika diperkecil ke wilayah Asia Tenggara, kata Kukuh, Indonesia kalah unggul dengan Thailand yang hingga kini bisa memproduksi 2 juta unit kendaraan bermotor roda empat baru setiap tahunnya. Sementara Indonesia, pernah mencapai 1,3 juta unit, namun disusul negara lain.

Baca juga: Jangan Kaget, Bus AKAP Kini Mirip Pesawat Terbang

"Yang menjadi tantangan adalah, bagaimana kita mengungguli Thailand yang penduduknya cuma 70 juta jiwa, sementara di sini 270 juta jiwa. Untuk pasar domestik, Indonesia unggul," katanya.

Saat ini, kata dia, rasio kepemilikan mobil di Indonesia mulai meningkat dari sebelumnya, yakni mencapai 99 unit per 1.000 penduduk. Meski demikian, rasio kepemilikan ini belum lebih besar daripada negara tetangga yang jumlah penduduknya lebih sedikit.

"Ini sudah naik kelas, beberapa waktu lalu rasio kepemilikannya 87 per seribu penduduk. Jika dibandingkan sama Malaysia yang penduduknya 28 juta jiwa, rasio kepemilikannya 490 unit per seribu. Lalu Thailand 275 unit per seribu penduduk," paparnya.