Ternyata, Mercedes-Benz Bikin Mobil Mewah di RI Sejak 50 Tahun Lalu

Mercedes-Benz W115 pernah diproduksi lokal di Indonesia
Sumber :
  • dok. Mercedes-Benz

VIVA â€“Merek Mercedes-Benz bukan hanya dikenal oleh masyarakat dunia, tetapi juga di Tanah Air. Bahkan, tahun ini pabrikan otomotif berlogo Tiga Bintang itu, merayakan perjalanan 50 tahunnya di pasar otomotif nasional.

Selama lima dekade, Mercedes-Benz menjajakan produk kendaraan mewahnya. Jenisnya beragam, mulai dari  compact cars, sedan, SUV, dan Van. Selain itu, mobil impian berwujud coupe, cabriolets, dan model berperforma tinggi dengan label AMG juga dipasarkan dalam negeri.

"Kami sangat bangga merayakan kehadiran selama 50 tahun di Indonesia. Sebagai pelopor mobilitas di Indonesia, kami mencapai banyak prestasi. Mobil bermotor pertama di Indonesia adalah Benz - dan Mercedes-Benz berarti kualitas dan keamanan," ujar  Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kamis 8 Oktober 2020.

Perjalanan merek otomotif Jerman itu, dimulai pada 8 Oktober 1970. Saat itu, Daimler-Benz AG selaku produsen mobil Mercedes-Benz, mendirikan PT Star Motors Indonesia, yang merupakan agen tunggal pemegang produknya di Indonesia.

Baca juga: Fortuner Siap Meluncur, Mitsubishi Pajero Sport Kapan Ada Model Barunya di RI?

Pada tahun yang sama, PT German Motors Manufacturing didirikan sebagai fasilitas manufaktur dan perakitan baru untuk produk Daimler-Benz, lokasinya di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tiga tahun kemudian, perusahaan ini mulai memproduksi mobil Mercedes-Benz 200, 240 D dan 280 dari seri W115.

Seiring penigkatan permintaan untuk kendaraan penumpang, dan niaga Mercedes-Benz, kemudian mulai dioperasikan fasilitas perakitan lokal baru di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat pada tahun 1982.  Pabrik tersebut melakukan operasional sampai saat ini.

Kini, lokasi perakitan Mercedes-Benz lokal itu menghasilkan mobil penumpang jenis sedan C-Class, E-Class, S-Class, serta model SUV GLC, GLE dan GLS. Untuk kendaraan niaganya, ada model truk Axor dan sasis bus dari lokasi pabrik yang sama.