Bus Sekolah Ini Punya Tampilan Ala Mobil offroad

Bus sekolah Torsus Praetorian
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Bus sekolah umumnya disiapkan sebagai moda transportasi bagi para pelajar. Wujudnya beragam, mulai dari yang berukuran sedang, hingga yang berperawakan besar dan bisa menampung banyak siswa dan siswi dalam sekali perjalanan.

Sama seperti model bus lainnya, kendaraan ini memiliki bodi dan interior yang dirancang ulang oleh perusahaan karoseri, sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Tak heran, jika bentuk eksterior serta wujud kabinnya berbeda-beda.

Perusahaan otomotif besar, jarang sekali yang menawarkan produknya untuk dijadikan bus sekolah. Ini ternyata menjadi peluang bagi perusahaan asal Ceko, Torsus untuk menjual kendaraan tersebut.

Menariknya, bus sekolah yang diberi nama Torsus Praetorian itu memiliki desain ala mobil offroad. Jika bus sekolah pada umumnya pakai ban halus dan dibuat rendah untuk memudahkan penumpang, roda kendaraan ini memakai alas ban pacul, serta terlihat memiliki ground clearance lebih tinggi dibandingkan produk sejenisnya.

Baca juga: BMW M4 Gandeng Merek Fashion Kith Bikin Mobil Spesial

CEO Torsus, Vakhtang Dzhukashvili mengatakan, bus tersebut dirancang untuk memenuhi segala kebutuhan para pelanggan untuk melaju di berbagai medan jalan, dengan tetap memperhatikan keamanan dan efisiensi dalam pemakaiannya.

“Bus sekolah adalah salah satu ide pertama yang kami miliki, karena Praetorian adalah kendaraan yang aman dan kokoh yang kami tahu dapat menjaga penumpangnya terlindungi bahkan dalam kondisi yang paling sulit,” ujarnya seperti dikutip dari Carscoops, Senin 26 Oktober 2020.

Dilihat dari eksteriornya, Torsus Praetorian memang kental nuansa offroad dengan pemakaian besi pelindung lamp depan, pelindung kolong, lampu tembak di atap, serta ban pacul. Ground Clearance bus ini diketahui 340milimeter, sehingga diklaim bisa melaju di kedalaman air 900mm.

Bus baru itu dibangun memakai sasis MAN, serta didukung mesin diesel enam silinder berkapasitas 6.900cc yang sanggup menghasilkan tenaga 286hp dan torsi 1.150Newtonmeter. Torsus Praetorian memakai sistem penggerak empat roda.

Produk yang diperlihatkan Torsus, bisa menampung 35 orang pelajar di dalam kabin. Meski demikian, perusahaan ini membuka peluang bagi para pelanggan untuk mendapatkan desain kabin sesuai keinginannya.