Mobil Listrik Fiat 500 Punya Pintu yang Mirip Lemari Baju

Desain pintu unik di mobil listrik Fiat 500e 3+1
Sumber :
  • dok. Fiat

VIVA – Pabrikan otomotif terus berinovasi untuk menawarkan produknya kepada masyarakat. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Fiat, yang menambahkan satu pintu untuk akses tambahan ke kabin mobil listrik 500e.

Ekstra akses ini disematkan pada mobil Fiat 500e 3+1. Lantaran posisi setir ada di kiri, maka pintu tambahan ada di kanan untuk menjamin keamanan pengguna saat membukanya di lokasi parkir, atau pinggir jalan.

Melansir dari Motor1, Selasa 27 Oktober 2020, mobil mungil Fiat 500 ditawarkan sebagai kendaraan berbeda karena serba baru, memakai motor listrik untuk penggeraknya, dan punya pintu ekstra.

Sesuai namanya, Fiat 500e 3+1 hanya memiliki tiga pintu utama, yakni depan kiri dan kanan, serta bagasi untuk akses ke kabin. Tambahan satu lagi ada di sisi kanan, dan hanya bisa dibuka ketika pintu depan dibuka.

Baca juga: Cari Perhatian, Pria Ini Bakar Mobil Mewah Mercedes-Benz

Dalam posisi dibuka, pintu sisi kiri mobil listrik ini mirip lemari pakaian di rumah karena arahnya yang saling berlawanan. Desain tersebut dirancang untuk memudahkan pengguna, saat harus masuk atau hanya mengambil barang bawaan di bangku baris kedua.

Adanya pintu itu, membuat mobil mungil ini lebih berat 30 kilogram dari Fiat 500e standar. Meski demikian, pabrikan otomotif Italia itu mengklaim performa kendaraan tidak terpengaruh dengan adanya ekstra akses ke kabin.

Mobil Fiat ini mengandalkan motor listrik 87kW, yang dipadukan baterai lithium-ion 42kWH. Baterai ini mampu dipakai untuk mencapai jarak tempuh 320 kilometer.