Mengenal Honda Odyssey Generasi Awal Sampai Pakai Pintu Geser

All New Honda Odyssey.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Produk yang dijual oleh merek otomotif Honda sangat beragam, salah satunya Odyssey. Mobil ini dipasarkan untuk konsumen di berbagai negara dunia, termasuk juga di Indonesia.

Dari laman resmi Honda Indonesia, diketahui Odyssey dijual dengan banderol Rp776 juta on the road Jakarta untuk kepemilikan pertama. Ada dua warna yang bisa dipilih konsumen pada generasi kelima ini, yakni Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl.

Odyssey kerap disejajarkan dengan produk-produk mobil keluarga mewah. Sebab, kendaraan ini berperawakan bongsor, memiliki bangku tiga baris, serta memakai pintu geser untuk akses masuk dan keluar kabinnya.

Penggeraknya memakai mesin berkapasitas 2.400cc yang dikombinasikan transmisi otomatis CVT, serta penggerak roda depan. Sementara kabinnya dilengkapi berbagai fitur yang menunjang keamanan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Identitas Odyssey tersebut, ternyata sudah dipertahankan pabrikan Honda sejak lama. Ya, produk mobil keluarga mewah tersebut diketahui pertama kali diproduksi pada tahun 1994 di Jepang, dan kini sudah memiliki lima generasi.

"Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan dengan desain kursi tiga baris serta menggunakan penggerak Four Wheel Drive (4WD)," demikian seperti dikutip VIVA Otomotif dari siaran pers, Jumat 31 Oktober 2020.

Pada tahun 1997, mobil keluarga bangku tiga baris ini didukung mesin 3.000cc V6 berkode J30A. Pada tipe L dan Aero bahkan sudah memiliki atap kaca alias (Sunroof). Akhir 1999, Honda Odyssey generasi kedua hadir dengan dimensi yang lebih besar dari versi sebelumnya.

Mobil ini diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, disediakan pula versi setir kiri untuk pasar otomotif di China. Model ini didukung mesin 2.300cc, pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Untuk mesin 3.000cc, ada di seri RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) tipe Prestige dan Absolute, yang dikenal penggemar Honda sebagai varian paling tinggi.

Generasi ketiga Honda Odyssey mulai dijual di Negeri Sakura Oktober 2003, dan di pasar Australia pada awal 2004. Pabrikan Jepang itu tetap mempertahankan identitasnya sebagai mobil lima pintu dengan desain
yang lebih ramping dan ground clearance lebih rendah.

Pada Oktober 2008, pabrikan mobil berlogo huruf 'H' itu meluncurkan generasi keempat Odyssey. Pada generasi ini, model pintunya masih bisa dibuka ke arah luar seperti mobil-mobil lainnya.

Di tahun 2013 tepatnya bulan September, generasi terbaru Honda Odyssey diluncurkan secara global dengan konsep premium van. Perubahan paling mencolok terdapat pada desain pintu yang dibuka dengan cara menggeser ke samping.

Baca juga: Produk Baru Harley-Davidson Gak Bisa Digeber-geber Lagi.