Mobil Honda Civic Dipaksa Melaju Tanpa Ban, Begini Jadinya

Mobil Honda Civic dipaksa melaju tanpa ban.
Sumber :
  • screenshot Youtube

VIVA â€“Ban merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan. Namun, tak semua pengemudi peka terhadap kondisinya. Salah satu contohnya, Honda Civic yang terekam kamera terus melaju tanpa karet bundar tersebut.

Sebuah video yang tayang di saluran Youtube Viral Hog memperlihatkan, Honda Civic yang dengan santai terus melaju tanpa ban mobil di sisi kiri belakangnya. Kejadian ini, diketahui sengaja direkam oleh seorang di dalam truk, ketika berada di lajur sebelah mobil sedan tersebut.

Pengemudi Honda Civic tanpa ban itu diinformasikan seorang perempuan. Dia melajukan mobil sedannya di jalan tol Whippany, New Jersey, Amerika Serikat, dengan kecepatan yang diperkirakan 60 kilometer per jam.

Melansir dari Carscoops, Senin 19 Oktober 2020, pengemudi perempun itu kemungkinan tak menyadari jika ban sisi kiri belakangnya tak lagi menyatu dengan pelek. Sebab, dia bukannya memperlambat Honda Civic dan menepi, tetapi memutuskan untuk terus melajukan mobil sedan tersebut.

Tak diketahui penyebab awal peristiwa otomotif unik tersebut. Dari rekaman gambar, hanya terlihat pelek di sisi kiri belakang memiliki model berbeda dengan yang ada di roda kiri depan. Roda kiri belakang itu diperkirakan merupakan ban cadangan, sehingga kondisinya tidak semaksimal tiga roda lain yang terpasang.

Tak hanya melaju tanpa karet bundar, bumper belakang mobil sedan itu juga terlihat mengalami robek cukup besar. Selain itu, bodi sekitar sepatbornya juga terlihat ada lecet seperti bekas bersenggolan. 

Pelek yang dipaksa berjaalan tanpa ban mobil tentu memiliki risiko besar sebagai penyebab terjadi kecelakaan. Hal ini karena beban kendaraan tak ditopang secara seimbang oleh empat roda. Selain itu, gesekan pelek berbahan logam dengan jalanan, berpotensi membuat panas bahkan menimbulkan api.

Baca juga: Bentley Siap Suntik Mati Mesin Besar, Diganti Bikin Mobil Listrik.