Honda Ungkap Mobil Canggih yang Tepat untuk Indonesia saat Ini

Logo mobil Honda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Perkembangan teknologi mobil saat ini sudah semakin canggih. Mulai dari yang bisa menyetir sendiri, hingga digerakkan oleh energi listrik.

Pemerintah juga sudah mengeluarkan peraturan, agar lima tahun lagi jumlah kendaraan listrik setidaknya mencapai 20 persen dari total produksi.

Saat ini mobil listrik yang dibuat di dunia terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang hanya memakai baterai saja dan ada juga yang kombinasi dengan mesin konvensional.

Sistem gabungan tersebut biasa dikenal dengan istilah hybrid, di mana mesin bensin digunakan untuk mengisi baterai. Jadi, kendaraan tidak perlu dicas ketika unit sedang tidak digunakan.

Business Innovation and Sales merangkap Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan bahwa dengan kondisi Indonesia saat ini, hanya ada satu jenis yang ideal diterapkan di Tanah Air.

“Kalau ditanya sekarang, melihat kondisi infrastruktur dan kebutuhan sekarang, paling cocok menurut kami hybrid,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Senin 16 November 2020.

Meski demikian, Billy mengaku bahwa sampai saat ini HPM terus melakukan riset, terkait tipe mana yang nantinya akan mereka hadirkan untuk konsumen.

“Kami masih studi, mana yang cocok untuk konsumen. Kalau full battery, kan mesin jadi hilang, nanti produksi yang sudah ada bagaimana?” tuturnya.

Billy menegaskan, secara global Honda sudah berkomitmen bahwa dalam 10 tahun lagi dua per tiga produk yang mereka produksi adalah berbasis elektrifikasi.

“Honda sudah mempunyai teknologi yang ramah lingkungan, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, fuel cell, full battery. Kami terus melakukan studi, teknologi mana yang sesuai dengan kondisi infrastruktur dan regulasi pemerintah. Akan kami luncurkan di saat yang tepat,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam acara konferensi pers tersebut HPM juga membahas mengenai aktivitas komunitas pemilik mobil Honda yang menyumbangkan fasilitas cuci tangan di 5 halte TransJakarta.

Fasilitas cuci tangan tersebut dirancang menyerupai dasbor mobil, dilengkapi dengan cermin sebagai kaca depan mobil dan pedal kaki menyerupai gas dan rem pada mobil yang digunakan untuk mengeluarkan air dan sabun.

“Kami berharap, dengan adanya fasilitas cuci tangan ini dapat terus mengingatkan masyarakat untuk selalu mencuci tangan dan memberikan kemudahan dalam mematuhi protokol kesehatan,” kata perwakilan Komunitas Mobil Honda, Dadi Haryadi.

Baca juga: Aksi Polisi Selamatkan Nyawa Pakai Mobil Mahal