Beli Mobil Ambulance DFSK, Ada Garansinya Gak Sih?

DFSK Glory 580 disulap menjadi mobil Ambulans.
Sumber :
  • dok. Sokonindo Automobile

VIVA â€“Merek DFSK turut merasakan dampak pandemi COVID-19 terhadap penjualan mobilnya di Indonesia. Meski demikian, pabrikan otomotif roda empat Tiongkok ini mengambil langkah cepat dengan menawarkan produk ambulance.

Sampai saat ini, ada tiga produk DFSK yang bisa dikonversi menjadi kendaraan medis, yakni SUV Glory 580, serta mobil niaga Super Cab dan blind van terbarunya bernama Gelora. Untuk menyulapnya, PT Sokonindo menggandeng perusahaan karoseri Ambulance Pintar Indonesia (API).

PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan, menjual mobil ambulans sedikit berbeda dengan kendaraan penumpang standar. Sebab, dibutuhkan waktu untuk membangun ulang kabin, serta memasang perlengkapan medis.

Saat ini, kata dia, proses pembuatan mobil ambulance yang paling cepat hanya ada di produk Glory 580 saja, yakni hanya sekitar 2 minggu. Sementara untuk Super Cab dan Gelora Blind Van, membutuhkan waktu 1 bulan untuk menyesuaikan dengan bentuk karoserinya.

"Saat dipesan instansi atau rumah sakit, memang DFSK Glory 580 tak banyak perubahan dengan unit yang dijual ke masyarakat. Sdangkan untuk Super Cab ada perubahan karoseri, Gelora juga kurang lebih sama," tuturnya dalam diskusi virtual, Senin 16 November 2020.

Photo :
  • dok. Sokonindo Automobile

Sementara itu, Technical Manager Sokonindo Automobile, Sugiartono mengatakan, meski dalam membuat mobil ambulans DFSK ada campur tangan karoseri, kendaraan tersebut tetap mendapat garansi seperti yang didapat pembeli pribadi.

"Garansi kami tetap ada untuk ambulans ini. Jadi untuk DFSK Glory itu garansinya 7 tahun atau 150 ribu kilometer mana yang terlebih dahulu. Untuk Super Cab dan Gelora itu kami jamin 3 tahun atau 120 ribu KM. Lalu, ada garansi peralatan medisnya selama 1 tahun," paparnya.

Baca juga: Bukan Alkohol, Tapi Warganet Sebut Gantungan di Mobil Ini Bikin Mabuk.