Pedagang Berhati-hati saat Beli Mobil Bekas Tahun Muda

Ilustrasi mobil bekas.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA –Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, jika membeli mobil dalam kondisi bekas pakai. Mulai dari harga yang lebih murah, hingga bisa langsung digunakan tanpa menunggu proses pengurusan surat-surat.

Model yang tersedia saat ini juga semakin beragam, dan pembeli bisa memilih pelat nomor untuk mengantisipasi aturan ganjil genap.

Kekhawatiran akan kondisi kendaraan, juga sudah mulai berkurang. Selain tersedia jasa pemeriksaan secara utuh, pembeli juga dapat memilih model yang usianya terbilang muda.

Meski selisih harga dengan unit baru tidak terpaut jauh, tapi kondisinya bisa dikatakan nyaris seperti keluar dari pabrik. Bahkan, ada unit yang dijual lagi oleh pemilik usai dipakai selama beberapa bulan.

Meski mobil bekas tahun muda terlihat menggoda, namun para pedagang justru lebih hati-hati saat akan membeli kendaraan itu.

“Kami lebih hati-hati saat membeli mobil tahun muda,” ujar Chief Operating Officer Mobil88, Halomoan Fischer saat konferensi pers virtual bersama Forum Wartawan Otomotif, dikutip VIVA Otomotif Jumat 20 November 2020.

Alasan di balik keputusan itu, yakni berkaitan dengan harga jualnya. Sebab, saat ini ada beberapa model yang baru saja diluncurkan namun sudah mendapat diskon alias potongan harga.

Selain itu, kata Halomoan, tidak sedikit konsumen yang tertarik membeli mobil bekas dengan cara kredit, tanpa melihat total down payment atau cicilan per bulannya.

“Kebanyakan dari daftar iklan, pasang harganya murah-murah. Begitu saya cek, skema pembiayaannya itu tinggi banget. Begitu dihitung TDP dan angsuran, itu tinggi banget, konsumen kurang aware sama itu,” tuturnya.

Terkait kehadiran lelang kendaraan, Halomoan mengaku bahwa perusahaannya tidak merasa dirugikan atau mendapat pesaing baru. Justru, mereka sangat terbantu dengan kehadiran sistem penjualan tersebut.

“Balai lelang memudahkan pedagang seperti kami untuk membeli barang. Kalau di lelang, proses negosiasinya cepat banget. Posisi balai lelang melengkapi sumber kami, kalau dari pembeli tidak berpengaruh langsung,” ungkapnya.