Ada Cara Mudah agar Mobil Lulus Uji Emisi

Uji emisi kendaraan.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA – Gubernur DKI, Anies Naswedan beberapa waktu lalu mengeluarkan aturan Peraturan Gubernur nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Dalam aturan itu, disebutkan bahwa kendaraan pribadi jenis mobil dan sepeda motor yang usianya lebih dari tiga tahun wajib menjalani uji emisi.

Tujuannya adalah untuk mengurangi pencemaran udara di Ibu Kota, yang berasal dari kendaraan bermotor. Sasarannya yakni mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor, yang beroperasi di jalan di wilayah Ibu Kota.

Jika tidak mengikuti aturan tersebut, maka pengguna kendaraan akan dikenakan tarif tertinggi saat parkir di ruang milik jalan. Pergub tersebut akan mulai berlaku pada awal 2021.

Lantas, bagaimana caranya agar emisi kendaraan bisa sesuai dengan standar yang ditentukan?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan kendaraan menjalani perawatan berkala di bengkel. Hal ini untuk memastikan kinerja mesin tidak banyak berubah dari saat kondisi baru.

Kedua, selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Jika memakai BBM yang kualitasnya lebih rendah, maka dipastikan emisi yang dihasilkan jadi lebih tinggi meski mesin dalam kondisi sehat.

Penggantian pelumas juga berpengaruh pada kinerja mesin dan emisi gas buang. Apabila oli jarang diganti, maka komponen mesin jadi cepat panas dan berpengaruh pada hasil pembakaran BBM.

Terakhir, pemilik kendaraan bisa memanfaatkan aksesori yang dapat meningkatkan kualitas pembakaran BBM. Salah satunya seperti Maxxwire, peranti yang dipasang pada ECU dan koil.

Chief Mechanic Maxxwire, Leon menjelaskan bahwa penggunaan alat tersebut dapat mengurangi angka karbon monoksida yang keluar dari knalpot. Fungsi dari kabel ini adalah untuk menyalurkan sinyal yang lebih bersih ke koil.

“Penurunan CO bisa sampai 40 persen, tapi setiap mesin berbeda-beda angkanya. Pengurangan emisi diakibatkan oleh pembakaran bensin yang lebih banyak, karena api dari koil jadi lebih besar,” ujarnya di Cibinong, Jawa barat, dikutip VIVA Otomotif Jumat 27 November 2020.