Libur Nataru 2020, Mobil yang Lewat Tol Cipali Bakal Makin Banyak

Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Momen cuti natal dan tahun baru kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Bagi yang memilih memakai mobil atau transportasi darat lain, jalur tol Cipali bisa menjadi akses untuk menuju berbagai kota di Jawa.

Saat melewati tol Cipali dari wilayah Cikopo hingga Palimanan, jarak tempuh yang dilalui pengguna kendaraan roda empat atau lebih mencapau 116,75 kilometer. Ini lebih efisien 40 kilometer dibandingkan dengan jarak tempuh, melalui jalur arteri Pantura (Pantai Utara) pulau Jawa.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo mengatakan, jalan tol yang dikelola pihaknya itu memang kerap menjadi rute favorit warga yang hendak berlibur atau menuju berbagai kota di Pulau Jawa, dan biasanya akan terjadi peningkatan volume kendaraan saat musim libur.

"Untuk libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2020, kami prediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 12,6 persen yang melintasi Gerbang Tol Palimanan," ujarnya dalam keterangan yang dikutip VIVA Otomotif, Sabtu 28 November 2020.

Untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang melintas, kata Agung, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Sehingga, bisa meminimalkan risiko terjadinya antrean saat transaksi pembayaran di ujung tol Cipali tersebut.

Nantinya, pengelola akan mengoperasikan 30 gardu tol otomatis dan juga 15 mobile reader untuk proses pembayaran. Selain itu, di sepanjang ruas jalan tol jauh itu juga sudah tersedia rest area, dan penambahan papan informasi VMS (Variable Message Sign) sebanyak 2 unit sebagai informasi untuk pengguna.

"Dengan demikian, diharapkan bisa mempermudah kelancaran transaksi, serta membuat perjalanan pengguna ruas tol Cipali menjadi lancar, aman dan nyaman," paparnya.