Soal Avanza Baru, Bos Daihatsu Pernah Bilang Begini

Mobil yang disebut-sebut warganet sebagai Toyota Avanza baru
Sumber :
  • Facebook Motuba

VIVA – Foto sebuah mobil yang disebut-sebut merupakan wujud dari avanza">Toyota Avanza baru, ramai diperbincangkan warganet di media sosial.

Pada foto tersebut, roda belakang mobil terlihat tidak dibekali dengan gardan. Padahal, komponen itu menjadi ciri khas dari mobil sejuta umat tersebut.

Absennya gardan membuat warganet bertanya-tanya, apakah Avanza baru bakal menggunakan sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Banyak alasan mengapa pabrikan kendaraan memakai sistem FWD, mulai dari desainnya yang praktis hingga efisiensi bahan bakar.

Beberapa waktu lalu, Marketing Director merangkap Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra menjelaskan alasan mengapa mereka memutuskan untuk memakai sistem penggerak rear wheel drive atau RWD pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

“Xenia terkenal irit, kuat untuk tanjakan. Dan, meski jalan berlubang, stabilitasnya masih ada. Selain itu, juga masih berpenggerak roda belakang dan tetap nyaman untuk digunakan oleh tujuh penumpang,” ujarnya.

Meski memiliki keunggulan saat menghadapi jalan tanjakan, namun tidak demikian dengan kenyamanan yang diberikan. Terhubungnya roda belakang kiri dan kanan membuat pabrikan tidak bisa merancang sistem suspensi mandiri di setiap roda.

Sebagai informasi, foto mobil yang oleh warganet disebut-sebut sebagai Avanza baru dengan sistem penggerak FWD itu tampil di media sosial Facebook Motuba.

Dilansir VIVA Otomotif pada Selasa 1 Desember 2020, warganet menyebut bahwa roda belakang menggunakan sistem suspensi torsion beam yang biasa dipasang pada multi purpose vehicle milik kompetitor Toyota dan Daihatsu.

“Semua akan FWD pada waktunya,” tulis warganet.

“Kayaknya walaupun FWD asal Toyota mah pasti laku,” kata warganet lainnya.