Beli Truk Baru Pakai Warna Selain di Brosur, Bisa Gak Sih?

Truk Isuzu Giga baru
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Berbeda dengan mobil penumpang, saat membeli truk biasanya konsumen di Indonesia hanya memiliki pilihan warna yang terbatas. Laburan cat pada eksterior itu, sekaligus menjadi identitas merek otomotifnya.

Warna kuning misalnya, identik dengan produk kendaraan niaga yang ditawarkan oleh Mitsubishi Fuso, dengan nama Colt Diesel. Sementara pembeli truk Isuzu biasanya sudah mengetahui informasi, bahwa warna standarnya adalah putih untuk bagian kepala maupun bak.

Public Relation & CSR Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Suci Sitoresmi mengatakan, warna Kuning sebagai identitas merek itu penting, karena inilah yang menjadi faktor pembeda dari merek lainnya. Sehingga, truk Mitsubishi lebih mudah dikenali ketika di jalan.

Photo :
  • KTB

Pemkaian warna tersebut bahkan sudah dilakukan sejak Colt Diesel FE Series pertama yang diluncurkan tahun 1979. Kini, kata Suci, produk Colt Diesel (segmen LDT)tetap kuning, lalu FUSO Maru-P dan Fighter (segmen MDT) itu oranye, dan Tractor Head (segmen HDT) Putih.

"Selain warna di atas tidak ada, namun ada konsumen yang mewarnai ulang untuk menyesuaikan dengan armada perusahaan mereka," ujarnya kepada VIVA Otomotif, Rabu 9 Desember 2020.

Senada dengan Suci, Marketing Communucation Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Annisa Moeloek mengatakan, pemakaian warna putih untuk jajaran produk truk Isuzu sudah lama dilakukan, yakni sejak masuk pertama Indonesia pada 1995.

"Kalau Isuzu memang dari Jepang, produk kami semua warnanya putih, jadi kami di Indonesia ikut," paparnya.

Lantas, bisakah konsumen truk membeli kendaraan niaga tersebut dengan warna yang tak ada di katalog? Annisa mengatakan, permintaan spesial untuk warna yang berbeda memang bisa saja dipenuhi oleh pabrikan, meski demikian disesuaikan dengan jumlah pembelian yang dilakukan.

"Warna lain bisa request, biasanya untuk customer fleet yang jumah pemesanan unitnya cukup banyak. Sementara pembeli retail biasanya mengganti warna melalui perusahaan karoseri," tuturnya.

Baca juga: Cara Sederhana Menghindari Terjadi Kebakaran Saat Isi BBM mobil.