Honda Indonesia Bocorkan Info soal SUV Baru

Logo mobil Honda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Indonesia dikenal sebagai salah satu pasar terbesar untuk mobil jenis multi purpose vehicle atau MPV. Namun, belakangan ini konsumen banyak yang melirik kendaraan tipe sport utility vehicle atau SUV.

Meski sama-sama bisa memuat hingga tujuh penumpang, tapi ada beberapa perbedaan antara dua segmen tersebut. SUV memiliki penampilan yang gagah, sementara MPV condong ke arah elegan.

Mobil SUV dirancang agar bisa digunakan di medan selain aspal. Jarak bodi ke tanah yang lebih tinggi dari MPV, membuat kendaraan ini bisa diajak melewati area rumput bercampur lumpur atau menanjak ke wilayah berbatu yang tidak terlalu ekstrem.

Jika melihat dari tren otomotif dunia, saat ini banyak pabrikan mobil yang menghadirkan versi mungil dari SUV. Diberi nama SUV kompak, kendaraan bermotor roda empat tersebut hanya bisa memuat lima orang dan dibekali mesin berkapasitas kecil.

Mobil jenis ini biasanya dipilih oleh mereka yang ingin memiliki kendaraan dengan tampilan gagah, tapi hanya dipakai sehari-hari di area perkotaan. Konsep SUV dianggap ideal, karena pemilik tidak perlu khawatir ketika harus menerjang banjir saat musim hujan.

Beberapa contoh dari SUV kompak yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Nissan juga belum lama ini memperkenalkan Magnite, yang kabarnya bakal dipasarkan juga di Indonesia. Lalu, ada Suzuki dengan Vitara Brezza yang dijual di India.

Lantas, bagaimana dengan Honda? Business Innovation and Sales merangkap Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan bahwa pihaknya juga melihat tren tersebut. Namun, sampai saat ini mereka masih mempelajarinya.

“Untuk SUV kecil, keluar apa enggak belum bisa dibicarakan. Yang pasti, kami ikuti semua pergerakan di pasar, itu kami studi. Jadi, diluncurkan atau tidak itu diputuskan nanti saat studi selesai,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Senin 14 Desember 2020.

Sebagai informasi, saat ini HPM hanya memiliki satu model SUV lima penumpang, yakni Honda HR-V. Mobil ini dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni 1.500cc dan 1.800cc. Harganya mulai dari Rp297 juta on the road Jakarta.