Mobil Damkar Kota Tuban Jadi Sorotan Warganet

Toyota Caldina jadi mobil operasional damkar
Sumber :
  • Facebook Motuba

VIVA – Petugas pemadam kebakaran umumnya menggunakan kendaraan truk yang ukurannya besar dan berpenampilan tangguh, untuk kegiatan operasional mereka.

Pemilihan kendaraan jenis itu dilakukan, agar mereka bisa dengan mudah menjangkau lokasi kebakaran meski jalurnya tidak bersahabat.

Selain truk yang dibekali dengan pompa dan tangki air, ada juga kendaraan lain yang biasanya digunakan oleh kepala dinas atau anggota tim. Jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari SUV hingga MPV.

Kendaraan ini dipilih lantaran bisa menjangkau lokasi kejadian dengan lebih cepat, karena memang ukuran serta bobotnya lebih kecil dari truk.

Tapi, ternyata ada juga dinas damkar yang memakai mobil sedan sebagai operasional mereka, yakni di Kota Tuban, Jawa Timur.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Facebook Motuba, Selasa 15 Desember 2020, foto sedan Toyota Caldina dari berbagai sisi dipajang di grup otomotif tersebut.

Mobil berwarna merah itu tampak keren dengan tulisan Damkar di kaca depan. Pelat nomornya berwarna merah, tanda bahwa kendaraan tersebut adalah milik pemerintah daerah.

Yang membuat warganet heboh adalah tipe mobilnya. Caldina merupakan kendaraan yang tidak dijual resmi di Indonesia.

Mobil ini masuk melalui jalur impor, yang pada era 1990-an menjadi tren. Desainnya mengusung gaya estate atau wagon, di mana ruang kabin memanjang hingga bagian bagasi.

Caldina generasi pertama seperti yang tampak di gambar, dibekali dengan beberapa pilihan mesin. Kapasitasnya mulai dari 1.500cc hingga 2.000cc.

“Toyota Caldina (corona E). Versi station wagonnya corona absolute yang disini mbah,” komentar warganet.

“Keren Mbah operasionalnya damkar e rare,” kata warganet lainnya.