Gak Banyak yang Tahu, Mazda Pernah Bikin Mobil Aneh Sebesar Koper

Mazda pernah ciptakan produk aneh yang diberi nama Suitcase Car
Sumber :
  • Motor1

VIVA – Mazda kini dikenal sebagai pabrikan otomotif, yang menawarkan mobil-mobil berteknologi canggih, dengan desain menarik. Jajaran produknya juga sudah dipasarkan ke berbagai negara di dunia.

Mungkin tak banyak yang tahu, jika dulu Mazda pernah merancang mobil dengan desain tak biasa. Ya, kendaraan bermotor itu desainnya mirip gokart, dan dibuat menyatu dengan sebuah koper besar.

Melansir dari Motor1, Selasa 22 Desember 2020, tak ada nama resmi yang diberikan untuk kendaraan unik rancangan pabrik mobil Mazda itu. Para insinyur hanya menyebutnya sebagai 'Suitcase Car', sesuai dengan desainnya.

Mobil koper itu, dirancang oleh 7 orang insinyur dari divisi manual transmission testing and research unit Mazda, dalam sebuah acara internal bernama Car Fantasyard. Kegiatan ini dibuat, untuk mengembngan ide alat transportasi yang kreatif.

Hasilnya, sebuah kendaraan roda tiga bermotor yang wujudnya mirip gokart dan bisa masuk ke dalam koper bisa diciptakan oleh para Insinyurnya. Meski terlihat sederhana, kendaraan ini diperhitungkan dengan matang oleh para pembuatnya.

Suitcase Car terinspirasi dari desain produk kendaraan bermotor roda tiga Mazda Go yang dibuat pada tahun 1931, namun ini dibuat versi mungilnya. Para insinyur juga memperhitungan dengan detail pusat gravitasi rendah khas mobil merek Jepang itu.

Jantung penggerak dari produk otomotif unik  tersebut mengandalkan mesin berkapasitas 0,034 cc, yang menghasilkan tenaga 1,7bhp. Kendaraan ini bisa melaju hingga kecepatan 30 kilometer per jam ketika sudah dirakit. Untuk merakitnya, pengguna hanya butuh 1 menit.

Proses melipat maupun merakitnya juga diperhitungkan dengan teliti, mengingat koper yang dipakai sebagai wadahnya adalah Samsonite berdimensi 57 x75 sentimeter. Bobot kendaraan ini diketahui hanya 32 kilogram, dan dianggap tak terlalu berat untuk dibawa memakai koper.

Mobil koper Mazda sempat tampil di pameran Frankfurt International Motor Show pada tahun 1991. Sayangnya, kendaraan roda tiga tersebut tidak pernah diproduksi massal.