Mobil Miliaran Rupiah Tetap Laku di Tengah Resesi Ekonomi

New Mercedes-AMG G 63 Edition 50
Sumber :
  • MBDI

VIVA – Pertumbuhan ekonomi Indonesia dua kuartal berturut-turut terkontraksi, sehingga masuk ke dalam status resesi ekonomi. Hal ini akibat dari dampak adanya pandemi yang melanda negara sejak awal tahun.

Meski daya beli sebagian besar masyarakat Indonesia menurun, namun sebagian masih cukup beruntung, bahkan bisa membelanjakan uang mereka untuk membeli kendaraan.

Jenis mobil yang dibeli juga bukan komersial untuk menunjang bisnis, melainkan kendaraan pribadi yang harganya miliaran rupiah.

Photo :
  • dok. Mercedes-Benz Indonesia

Dilansir VIVA Otomotif dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Kami 24 Desember 2020, ada beberapa model mobil mewah yang laku pada November tahun ini.

Salah satu contohnya yakni Lexus LM 350, multi purpose vehicle super nyaman yang jadi andalan pengacara kondang Hotman Paris itu pada bulan lalu dikirim ke diler sebanyak 36 unit.

Bulan-bulan sebelumnya distribusi mobil yang resmi meluncur tahun ini tersebut juga ada di angka puluhan unit. Padahal, harga untuk varian termurahnya saja sudah lebih dari Rp2,3 miliar, sementara yang berkapasitas empat kursi mencapai Rp3 miliar.

Photo :
  • dok. Lexus Indonesia

Demikian pula dengan Mercedes-Benz, yang tipe GLC 200 mereka ditawarkan seharga Rp1,01 miliar belum termasuk pajak dan bea balik nama. Pada November tahun ini, kendaran yang masuk dalam segmen sport utility vehicle atau mobil SUV itu dikirim sebanyak 42 unit.

Hal yang sama juga terlihat pada lini sedan mewah mereka, C300 AMG dan E 300 Avantgarde, yang masing-masing dikirim dari pabrik sebanyak 10 unit dan 26 unit.

Pesaing Mercedes dari negara yang sama, yaitu BMW juga diminati oleh orang kaya Indonesia pada jelang akhir tahun ini. Sedan 3 Series dan 5 Series yang banderolnya di atas Rp1 miliar, laku masing-masing lebih dari 10 unit pada bulan lalu.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati