Mobil SUV Terbaru Isuzu Diuji Tabrak, Hasilnya Bikin Kaget

Model baru Isuzu MU-X resmi diluncurkan.
Sumber :
  • dok. Isuzu

VIVA – Uji tabrak menjadi salah satu proses yang dilakukan pada produk baru, untuk mengetahui kualitas serta fungsi dari fitur-fitur yang ada di kendaraan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk beragam jenis mobil, termasuk di Sport Utility Vehicle (SUV) Isuzu MU-X terbaru.

Seperti diketahui, merek otomotif Isuzu juga menjual mobil SUV bernama  MU-X. Kendaraan berperawakan gagah itu didukung mesin diesel, dan kini memiliki versi baru yang punya penampilan dan fitur berbeda dari model sebelumnya.

Melansir dari Paultan, Senin 28 Desember 2020, Isuzu MU-X generasi ketiga telah ikut dalam program uji tabrak. Mobil SUV itu, dianugerahi peringkat keselamatan bintang lima oleh Program Penilaian Mobil Baru untuk Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN New Car Assessment Programme atau ASEAN NCAP).

Hasil uji tabraknya tak berbeda dengan mobil pikap Isuzu D-Max. Diketahui kedua produk tersebut memakai desain rangka yang sama. Sehingga, kemampuan kendaraan tersebut untuk menahan benturan dan menyerap energinya pun sama.

Kemampuan Isuzu MU-X terbaru dalam melindungi penumpang dewasa, mencapai nilai 30,36 dari total poin 36. Sementara rancang bangun mobil untuk perlingungan anak ketika berada di kabin, nilanya 44,37 dari poin tertinggi 49.

Mobil MU-X juga lebih unggul dari Isuzu D-Max dalam uji teknologi keselamatan dalam kondisi darurat. Sebab, di kendaraan tersebut dipasang fitur baru bernama Autonomous Emergency Braking (AEB), sedangkan di mobil pikapnya tidak tersedia perangkat yang sama.

Secara total, mobil baru Isuzu MU-X berhasil mencatat poin 15,85 dari nilai maksimal 18 poin. Sementara mobil pikap D-Max diketahui hanya berhasil mencatatkan nilai total 13,40 poin, dari uji tabrak dengan standar ASEAN NCAP tersebut.