Toyota Bikin Mobil Listrik Baru, Diujinya di Area Pertambangan

Mobil listrik Toyota Land Cruiser 70 Series untuk area tambang.
Sumber :
  • Motor1

VIVA – Melihat mobil listrik untuk angkutan penumpang pribadi maupun umum, kini bukanlah sesuatu yang aneh. Namun, ada juga yang siap dipakai untuk mendukung aktivitas para pekerja di kawasan pertambangan.

Ini seperti yang dirancang oleh perwakilan Toyota di Australia. Mereka berkolaborasi dengan perusahaan tambang Australia BHP, melakukan uji coba mobil listrik modifikasi.

Ya, mobil listrik merupakan merupakan produk Toyota Land Cruiser 70 Series yang dikonversi jantung penggeraknya. Satu unit disebut sudah siap, untuk uji coba secara langsung untuk alat transportasi di lokasi tambangan.

Melansir dari Motor1, Senin 11 Januari 2021, mobil yang dikonversi tersebut merupakan Land Cruiser 70 Series kabin tunggal. Kendaraan ini nantinya akan dipakai sebagai armada kerja di area pertambangan.

Proses konversi Toyota Land Cruiser 70 Series EV itu dilakukan resmi oleh Product Planning and Development division Toyota Australia di Port Melbourne. Mereka mengganti mesin 4.500cc asli pabrikan, dengan jantung penggerak listrik.

Uji coba pemakaian mobil listrik untuk area tambang, disebutkan oleh dua perusahaan besar tersebut untuk mengurangi pencemaran udara dari armadanya. Keduanya ingin meminimalkan emisi gas buang yang berasal dari armada kendaraan angkut ringannya.

Sayangnya tak disebut spesifikasi komponen yang dipakai pada jantung penggerak ramah lingkungan itu. Perusahaan otomotif ini menyebut, mobil listrik Toyota Land Cruiser 70 Series masih akan terus mengalami penyempurnaan, meski sudah diuji coba langsung di lapangan.