Mau Ganti Pelek Mobil, Perhatikan Dulu yang Satu Ini

Pelek mobil
Sumber :
  • HSR Wheel

VIVA – Salah satu komponen yang sering diganti pada mobil adalah pelek. Hal ini dilakukan untuk mengubah tampilan kendaraan, sesuai dengan selera pemiliknya.

Selain bisa membuat mobil jadi berbeda, penggantian pelek juga bisa membuat pengendalian lebih stabil. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan mesin serta ruang yang tersedia di spatbor.

Ada satu hal lain yang juga harus diperhatikan para pemilik mobil, saat ingin mengganti pelek dengan produk aftermarket, yakni terkait dengan lubang baut.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman HSRWheel, Rabu 13 Januari 2021, setiap kendaraan memiliki jumlah dan diameter jarak baut pengikat roda yang berbeda. Hal ini biasa dikenal dengan istilah pitch circle diameter, atau baisa disingkat menjadi PCD.

Sebagai contoh, kebanyakan mobil buatan Jepang seperti Daihatsu Sigra dan Honda Brio memiliki empat baut di tiap roda, yang membentuk lingkaran dengan diameter 100 milimeter.

Namun, ada juga Jepang yang memakai lima baut yang membentuk lingkaran dengan diameter 114,3 mm, seperti Honda CR-V, Daihatsu Terios dan Toyota Innova.

Saat memilih pelek yang desain dan ukurannya sesuai selera, pemilik mobil juga perlu memeriksa PCD dari komponen tersebut. Ada beberapa pelek yang menyediakan delapan lubang dengan diameter berbeda, sehingga bisa dipasang di lebih banyak model kendaraan.

Jika tidak mau repot dan ingin mendapat banyak pilihan pelek, kamu bisa mengunjungi toko HSR Wheel yang ada di Indonesia. Mereka baru saja membuka 14 cabang baru yang tersebar di Pulau Jawa, yakni di Tegal, Semarang, Salatiga, Sukabumi, Tasikmalaya, Kediri, Jember, Gresik, Mojokerto, Surabaya, Pekalongan, dan Kudus.

“Sebelumnya, banyak yang ingin membeli pelek HSR namun terkendala jarak yang cukup jauh. Kami akhirnya memutuskan untuk membuka 14 toko baru di Pulau Jawa, agar dapat menjangkau konsumen.” ujar Direktur Pemasaran HSR Wheel, Hendra Wijaya.

Selain bisa memilih pelek dengan banyak desain dan ukuran, pengunjung juga dapat sekaligus membeli ban dengan merek ternama, seperti Accelera, Forceum, Zeetex, hingga Yokohama. Tersedia juga paket lowering kit dan big brake kit.

“Ke depannya kami juga akan menambahkan toko-toko resmi HSR Wheel di luar Pulau Jawa,” tutur Community Manager HSR Wheel, Aldhy Rais.