Mitos Maharaja Punya Rolls-Royce, Ban Bocor Beli Mobil Baru

Rolls-Royce yang dibuang oleh pemiliknya
Sumber :
  • Cartoq

VIVA – Rolls-Royce dikenal sebagai salah satu merek mobil yang masuk dalam kelas mewah. Harga per unitnya dalam kondisi baru bisa lebih dari Rp20 miliar di Indonesia.

Perusahaan asal Inggris ini memang tidak main-main jika bicara soal kualitas. Pembeli bakal dibuat pusing dengan banyaknya bagian yang bisa dipilih sesuai selera, mulai dari warna mobil, bahan pelapis jok, ornamen interior, hingga corak dan panel dasbor.

Pertama kali berdiri pada 1904, perusahaan ini memproduksi mobil mewah yang memiliki ciri khas serta jadi andalan kaum selebriti, termasuk juga para bangsawan di India.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Sabtu 16 Januari 2021, diceritakan bahwa pada zaman dahulu para maharaja di Negeri Hindustan tergila-gila dengan produk Rolls-Royce.

Uniknya, ada satu kebiasaan yang dilakukan oleh kaum ningrat tersebut, yakni memasang sapu ijuk di bagian depan roda. Hal ini memunculkan banyak pertanyaan dari warganet.

Ada yang menyebut, bahwa kendaraan mahal itu adalah milik Maharaja Jai Singh, penguasa wilayah Alwar, India pada era 1800-an. Sapu itu disebut sebagai lambang protes, terkait statusnya sebagai orang Asia.

Alkisah Jai Singh suatu hari mampir ke diler Rolls-Royce, saat mengunjungi London, Inggris. Ia tertarik melihat unit yang dipajang, dan berniat untuk membelinya namun diusir karena dikira pengemis.

Tidak terima atas kejadian itu, Jai Singh kemudian memerintahkan anak buahnya untuk membeli enam unit Rolls-Royce keluaran terbaru, dan menjadikannya sebagai mobil pembersih jalan.

Tapi, ada juga kisah yang mengatakan bahwa alat itu dipakai untuk menyingkirkan benda dan kotoran, agar tidak menempel pada ban. Ini dilakukan, agar ban tetap awet saat melintas di jalanan yang kala itu belum diaspal.

Kaum kaya tersebut dikatakan tidak mau repot mengganti ban saat bocor atau kembangnya sudah menipis, dan memilih untuk membeli unit baru dari diler.

Tapi, mitos tersebut sampai saat ini tidak berhasil dibuktikan. Salah satu alasannya, mobil yang ada dalam foto keterangan bukan buatan Rolls-Royce, karena desain grille berbeda.

Photo :
  • Cartoq