Honda Mengaku Ada Mobil Baru yang Banyak Peminatnya

Logo mobil Honda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Honda Indonesia sangat berbahagia, mobil yang jadi andalan mereka sejak 2012 akhirnya bisa menjadi nomor satu dalam daftar model yang paling laris penjualannya. Kendaraan yang dimaksud adalah Honda Brio.

Mobil berukuran mungil yang hadir dalam dua versi, yakni low cost green car atau LCGC dan city car itu terjual sebanyak 43.021 unit pada tahun lalu. Kontribusi kedua tipe yakni 54 persen dari total seluruh penjualan Honda di 2020, yang angkanya tercatat 79.451 unit.

Selama lima bulan di 2020, Honda Brio menduduki peringkat pertama daftar mobil terlaris di Indonesia. Sejak pertama dihadirkan hingga saat ini, populasinya sudah mencapai 376.304 unit.

“Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di masa mendatang,” ujar Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe.

Sementara itu, Business Innovation and Marketing merangkap Sales Director HPM, Yusak Billy mengatakan bahwa saat ini ada pergeseran terhadap model mobil yang jadi incaran konsumen.

“Kalau dilihat, memang low MPV (multi purpose vehicle) turun ya, sedangkan low SUV (sport utility vehicle) naik. Sementara, small SUV mulai ada pergerakan,” tuturnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Senin 18 Januari 2021.

Meski demikian, Billy menjelaskan bahwa bukan berarti Honda bakal langsung berusaha mengisi pasar tersebut. Mereka akan terlebih dahulu melakukan survei, untuk melihat potensi ke depannya.

“Harus dilihat dulu, pasarnya seperti apa, waktunya kapan. Belum bisa dibicarakan, apakah akan diluncurkan dalam waktu dekat atau tidak,” ungkapnya.

Sebagai informasi, beberapa mobil yang mengusung konsep small SUV yakni Toyota Raize, Daihatsu Rocky, KIA Sonet, dan Nissan Magnite. Dua model yang disebutkan terakhir, sudah dijual di Indonesia dengan banderol di kisaran Rp200 jutaan.