Mobil Terlaris di Indonesia Harga Bekasnya Mengejutkan

All New Honda Brio
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Penjualan mobil di Indonesia pada tahun lalu ditutup dengan penurunan sebesar 45 persen. Adanya pandemi membuat banyak orang menunda pembelian, dan memilih mengalokasikan dana untuk menjaga kesehatan.

Hal lain menarik yang terjadi di 2020 pada sektor otomotif, yakni perubahan di deretan mobil terlaris. Kendaraan jenis multi purpose vehicle yang biasanya mendominasi distribusi per bulan, tak lagi jadi idaman konsumen di Tanah Air.

Mobil yang paling banyak laku justru ukurannya mungil dan berkapasitas lima orang saja. Harganya juga ada yang lebih murah dari MPV, karena masuk dalam segmen low cost green car atau LCGC. Kendaraan yang dimaksud yakni Honda Brio.

Menurut data dari PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek, jumlah Brio yang dikirim ke konsumen pada tahun lalu totalnya mencapai 43.021 unit, yang terdiri dari Brio Satya 31.713 unit dan Brio RS 11.308 unit.

Photo :
  • Tangkapan layar

Ada tiga varian Brio Satya yang ditawarkan, sementara Brio RS hanya tersedia dua varian saja. Harganya untuk awal tahun ini, mulai dari Rp149 juta dengan status on the road Jakarta. Berikut daftar lengkapnya:

Brio Satya S M/T – Rp149 juta
Brio Satya E M/T – Rp158 juta
Brio Satya E CVT – Rp173,5 juta
Brio RS M/T – Rp188,5 juta
Brio RS CVT – Rp204 juta

Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman jual beli mobil bekas, Rabu 27 Januari 2021, banderol Brio Satya generasi kedua yang hadir perdana pada pertengahan 2018 masih di atas Rp100 juta.

Dengan dana Rp125 juta, konsumen bisa mendapat All New Brio Satya tipe S tahun rakitan 2019 dengan transmisi manual. Ada juga yang menawarkan tipe E manual dengan harga Rp130 jutaan. Jika ingin transmisi otomatis, maka siapkan dana Rp140 jutaan.