Nyaman Buat Keluarga, Harga Mobil Bekas Ini Lumayan Juga

Mobil bekas Toyota Sienta
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Selama pandemi, kebutuhan akan kendaraan pribadi semakin meningkat. Mobil menjadi salah satu yang jadi pilihan, karena dianggap bisa memberikan perlindungan dari virus.

Menurunnya daya beli masyarakat membuat tidak sedikit yang memutuskan untuk membeli kendaraan bekas pakai. Selain harga lebih murah, model yang ditawarkan juga beragam dan kondisinya bisa diperiksa secara detail.

Bahkan, ada juga yang modelnya mirip dengan MPV mewah. Contohnya yakni Honda Freed dan Toyota Sienta, yang memiliki kelebihan dalam hal pintu geser yang bisa dioperasikan secara elektrik.

Keduanya sempat hadir di tahun yang sama, yakni 2015-2016. Honda Indonesia kemudian memutuskan untuk menyudahi produksi Freed, karena angka peminatnya semakin menurun. Sementara, Sienta sampai saat ini masih dipasarkan di Tanah Air dan bahkan sudah hadir generasi keduanya.

Photo :
  • Tangkapan layar

Salah satu keunggulan dari Freed adalah tidak ada konsol di bagian tengah. Jadi, si kecil bisa dengan mudah ke bagian depan kabin dan berinteraksi dengan orangtuanya.

Tuas transmisi diletakkan di bagian dasbor, yang ukurannya terbilang panjang dan lebar. Mobil ini dibekali dua tempat untuk menaruh minuman di sisi kiri dan kanan dasbor, serta memiliki panel instrumen dengan desain yang tidak umum.

Kenyamanan khas Honda ditunjukkan pada kaki-kaki yang empuk, serta adanya sandaran tangan di jok bagian tengah. Mesinnya berkapasitas 1.500cc, sama seperti yang dipakai di Honda Jazz generasi dua.

Sementara itu, Sienta memiliki fitur unik yang diberi nama dive-in seat, di mana kursi belakang dapat dilihat hingga rata dengan lantai dan disimpan di bawah kursi baring tengah.

Mobil yang juga menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc ini memiliki tuas transmisi di konsol tengah, bersama dengan tuas rem tangan.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di beberapa laman jual beli mobil bekas online, Freed lansiran 2015-2016 ditawarkan dengan banderol Rp165-170 jutaan. Sementara itu, Sienta dengan tahun pembuatan yang sama dijual lebih murah, yakni di angka Rp140-145 jutaan.