Xpander dan Innova Menang Penghargaan Internasional

Mitsubishi Xpander.
Sumber :

VIVA – Mitsubishi Xpander dan Toyota Innova menjadi produk otomotif kebanggaan Indonesia. Selain dipasarkan secara lokal, dua model itu juga dikapalkan ke berbagai negara.

Tak hanya mengandalkan desain yang menarik dan fitur keren, baik Toyota maupun Mitsubishi juga merancang model tersebut dengan tingkat keselamatan yang tinggi.

Terbukti, Xpander dan Innova memenangkan penghargaan yang diadakan oleh ASEAN New Car Assesstment Program (NCAP), yakni organisasi yang bertugas menguji tingkat keamanan kendaraan untuk wilayah Asia Tenggara.

Pada ajang Grand Prix Awards 2020 yang digelar hari ini di Malaysia, ASEAN NCAP memberi penghargaan pada beberapa produk otomotif yang dibuat dan dipasarkan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan beberapa negara lainnya.

Dikutip VIVA Otomotif dari acara yang berlangsung secara virtual itu, Selasa 16 Februari 2021, Innova dinobatkan sebagai salah satu mobil yang tingkat keamanannya terus meningkat.

Mobil Multi Purpose Vehicle berkapasitas 7 orang itu mendapat predikat tersebut, bersama dengan Toyota Hilux, Toyota Corolla Altis dan Isuzu D-Max

Toyota sendiri diberi penghargaan sebagai merek yang paling banyak mendapat lima bintang saat produk mereka diuji tabrak, pada periode 2019-2020.

Sementara itu, Xpander dinobatkan sebagai mobil yang video uji tabraknya paling banyak ditonton di YouTube ASEAN NCAP.

Produk Honda juga masuk penghargaan tersebut, di mana Honda City menjadi pemenang kategori mobil yang paling konsisten mendapat lima bintang dalam uji tabrak.

Selain kendaraan, ASEAN NCAP juga memberi penghargaan pada beberapa orang yang dianggap berjasa dalam meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Prof Dr Wong Shaw Voon dari Universiti Putra Malaysia dinobatkan sebagai ASEAN NCAP Vehicle Safety Ambassador, sementara Prof Dato Ir Hj Mohamad Bin Dalib mendapat predikat Automotive Safety Pioneer.