Besi Rongsok Diubah Jadi Mobil, Harganya Setara Innova

Replika Bugatti Chiron dari besi rongsokan
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Banyak orang melihat besi karatan sebagai barang bekas, yang tidak ada nilainya. Umumnya benda seperti itu dibuang begitu saja oleh pemilik, karena dianggap tidak lagi berguna.

Namun, ada saja tangan-tangan yang kreatif mengubah rongsokan menjadi benda berharga. Mereka bisa mengubah besi bekas menjadi sebuah karya seni, yang dikoleksi oleh penggemar.

Contohnya seperti yang ada di bawah ini, di mana kiloan besi dikumpulkan untuk dibentuk menjadi beragam benda unik. Mulai dari robot, hingga mobil yang masuk dalam kategori supercar.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Senin 22 Februari 2021, karya seni itu dipajang di Scrap Metal Art Thailand, yang lokasinya dua jam berkendara dari Kota Bangkok.

Koleksi yang mereka miliki sangat unik, salah satunya robot setinggi 9 meter yang desainnya menyerupai karakter di film Transformers.

Photo :
  • Carscoops

Ada juga beberapa unit replika kendaraan, yang semuanya dibuat dari besi bekas. Jenis logam yang dipakai bermacam-macam, mulai dari pipa hingga pelat.

Sebagai pengganti kaca, mereka menggunakan kawat besi. Bodi bagian atas dibuat dengan menyambung berbagai bentuk lempengan besi, dan sudah dibersihkan dari korosi sehingga awet serta layak jadi pajangan.

Ada dua unit mobil yang menarik perhatian, yang wujudnya dibuat mirip dengan Bugatti Chiron. Sang seniman merancang karya seni itu dengan sangat detail, mulai dari grille hingga bumper.

Beberapa bagian juga menggunakan komponen dari kendaraan, meski bukan asli bawaan. Seperti lampu depan dan jok.

Menurut informasi, salah satu dari replika tersebut sudah dipesan oleh seorang kolektor seni asal Swedia. Ia sudah membayar sebesar US$30 ribu atau setara Rp425 juta, setara dengan harga satu unit Toyota Innova yang dijual di Indonesia.