Misteri Mobil Hybrid Toyota Buatan Indonesia

Logo mobil Toyota
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA – Kehadiran mobil listrik dianggap sebagai sebuah solusi, untuk mengatasi berbagai macam persoalan yang ada di Indonesia. Mulai dari ketergantungan terhadap impor bahan bakar minyak atau BBM, hingga polusi yang dihasilkan mesin konvensional.

Sebagai produsen otomotif terbesar di Tanah Air, Toyota tidak mau ketinggalan ikut serta mensukseskan program tersebut. Mereka bahkan sudah menyediakan dana, yang akan dipakai untuk pengembangan electric vehicle atau EV.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti model apa yang akan diubah sumber penggeraknya menjadi sistem hybrid, yakni gabungan mesin berbahan bakar bensin dengan motor listrik.

Meski demikian, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam memastikan bahwa produksi akan mulai dilakukan pada tahun depan.

“Tahun depan mulai meluncurkan produksi dalam negeri berteknologi hybrid,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Senin 12 April 2021.

Saat ditanya mengenai bocoran jenis mobil yang bakal disematkan teknologi canggih itu, Bob hanya menjawab bahwa hal itu baru akan dibeberkan oleh mereka pada saat peluncuran.

“Nanti lihat saja, model yang paling memungkinkan untuk dibuat hybrid apa saja,” tuturnya.

Tidak mudah untuk bisa menebak, mobil yang bakal disematkan teknologi setrum oleh Toyota. Saat ini, mereka punya banyak lini yang jadi andalan, mulai dari MPV, SUV hingga hatchback.

Baru-baru ini pabrikan asal Jepang itu juga meluncurkan program EV Smart Mobility di Bali, dan ada dua kendaraan baru yang diperkenalkan, yaitu Coms dan C+pod.